Headline News

header-int

H. Nasrul Abit mengajak seluruh komponen meningkatkan pembangunan karakter

, 20 Mei 2010, 00:00:00 WIB - 936 | Kontributor :

Painan, Mei

Bupati Pesisir Selatan, H Nasrul Abit mengajak seluruh komponen meningkatkan pembangunan karakter. Pembangunan karakter bangsa memiliki urgensi yang sangat luas dan bersifat multi dimensional dan multi aspek.

 

"Multi dimensional karena mencakup dimensi-dimensi kebangsaan, sementara multi aspek karena mencakup potensi-potensi keunggulan bangsa," katanya ketika membacakan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika RI pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-102 di halaman Kantor Bupati Kamis (20/5).

 

Ia menambahkan, pembangunan karakter bangsa setidaknya diarahkan kepada empat tataran besar yakni untuk menjaga jati diri bangsa, untuk menjaga NKRI, membentuk masyarakat yang berakhlak mulia dan membentuk bangsa yang maju, mandiri dan bermartabat.

 

Sedangkan, pembangunan karakter bangsa setidaknya mencakup empat lingkup besar yakni lingkup keluarga, lingkup pendidikan, lingkup masyarakat dan lingkup pemerintahan.

 

"Pada lingkup keluarga dilakukan wahana pembelajaran dan pembiasaan yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak. Pada lingkup pendidikan dilakukan wahana pendidikan dan pengembangan karakter yang dilakukan secara terintegrasi oleh para guru.  Pada lingkup masyarakat dilakukan wahana pembinaan dan pengembangan karakter melalui keteladanan para tokoh masyarakat. Sementara pada lingkup pemerintahaan dilakukan wahana pembangunan karakter bangsa melalui keteladanan aparat penyelenggara negara dan tokoh-tokoh elit bangsa.," terangnya.

 

Bila keempat lingkup tersebut dapat berjalan sesuai fungsi masing-masing maka secara bertahap kita dapat menemukan keberhasilan dalam pembangunan karakter bangsa. Sementara,dengan pembangunan karakter bangsa kita dapat menguatkan ketahanan sosial masyarakat  yang dihadapkan pada berbagai masalah yang kompleks.

 

"Untuk itu, kita tekankan, dalam peringatan hari kebangkitan nasional dari tahun ketahun masyarakat harus mampu meneruskan cita-cita para tokoh kebangkitan nasional yang berkarakter,memiliki identitas dan jati diri serta menerapkan nilai-nilai kebangkitan dengan sungguh-sungguh,"Imbuhnya. (04)

 

  

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube