Headline News

header-int

Harga Ginseng Kuning di Pesisir Selatan Rp7.000 per kilogram

Rabu, 14 Oktober 2020, 13:37:16 WIB - 892 | Kontributor : Didi Someldi Putra
Harga Ginseng Kuning di Pesisir Selatan Rp7.000 per kilogram

Painan - Akar Ginseng Kuning atau Rennellia Elliptica Kort yang banyak ditemukan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat dihargai Rp7.000 per kilogram oleh pedagang pungumpul di daerah setempat.

"Harga Ginseng Kuning ini bervariasi bisa lebih murah dan lebih mahal, saat ini harganya Rp7.000 per kilogram," kata Wali Nagari Nagari Lakitan Tengah, Irwandi di Painan, Rabu (14/10).

Harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan dengan harga Ginseng Kuning di beberapa tokoh dalam jaringan (daring) yang mencapai puluhan ribu rupiah per kilogramnya.

Kendati demikian, lanjutnya, sejak beberapa bulan terakhir animo masyarakat cukup tinggi untuk mencari akar tanaman yang tumbuh di hutan belantara itu, dan uang hasil penjualannya diandalkan untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

"Sebelumnya memang tidak ada yang sadar bahwa hutan di daerah kami ini banyak tumbuh tanaman Ginseng Kuning, namun setelah ada yang tahu dan ternyata bernilai ekonomis banyak warga yang mencarinya, dan masing-masing mereka bisa mendapatkan 20 sampai 30 kilogramn akar ginseng per harinya" ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi Pesisir Selatan, Madrianto menyebut Ginseng Kuning tersebut masuk ke dalam famili Rubiacea, spesies Rennellia Elliptica Kort.

Hal tersebut katanya berdasarkan surat dari Herbarium Universitas Andalas dengan nomor 304/K-ID/ANDA/IX/2020.

"Surat itu merupakan tindaklanjut dari surat permohonan identifikasi tamanan yang sebelumnya kami kirimkan ke Universitas Andalas," kata dia.

Akar Ginseng ini secara keseluruhan berwarna oranye hampir menyerupai warna wortel, sementara akarnya memanjang tidak seperti Ginseng pada umumnya yang mengembung, selanjutnya di bagian akarnya juga tidak ada akar serabut.

Dari berbagai sumber disebutkan bahwa Ginseng pada umumnya berkhasiat untuk membantu manusia dalam melawan penyakit seperti kanker, diabetes, meredakan lelah dan AIDS.
 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube