Headline News

header-int

Hendrajoni: Ninik Mamak Punya Peran Penting Bagi Kaumnya

Senin, 16 April 2018, 09:52:11 WIB - 357 | Kontributor :

Hendrajoni: Ninik Mamak Punya Peran Penting Bagi Kaumnya

Painan,16-4-2018--Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengatakan, seseorang tidak dapat berfungsi sebagai ninik mamak dalam masyarakat adat, seandainya dalam kaum keluarga sendiri tidak mempunyai gelar kebesaran kaum yang diwarisinya.

"Penghulu terpilih karena tinggi tampak jauah gadang tampak dakek, pandangnyo leba alamnyo laweh, tinggi dek dianjuang gadang dek diamba, yang pengangkatannya atas persetujuan bersama untuk menjadi pemimpin," ujarnya bupati Senin (16/4/2018) melalui via telepon. 

Dikatakan bupati, peran ninik mamak ditengah masyarakat sebagai pemimpin informal dituntut untuk memotivasi anak kemenakan dalam berbagai kegiatan pelaksanaan pembangunan fisik maupun non fisik. Bukan hanya sekedar memerintah, tetapi benar-benar dituntut dalam segala kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya di tengah masyarakat.

Ninik mamak merupakan orang yang mempunyai budi yang dalam, tingkah laku yang baik dan tutur kata yang sopan, sehingga menjadi panutan dan dambaan bagi anak kemenakan. "Manimbang sama berat, membagi sama banyak artinya meletakkan sesuatu pada tempatnya," ujarnya lagi 

"Jabatan ninik mamak sebagai pemegang sako secara turun temurun menurut garis keturunan ibu dalam sistem matrilineal," ungkapnya. 

Ssehingga, keberadaannya lebih jauh terlihat bak pepatah, "Bak baringin di tangah koto, ureknyo tampek baselo, batangnyo tampek basanda, dahanyo tampek bagantuang, daunnya tampek bataduah kahujanan, tampek balinduang kapanehan, nan didahulukan salangkah ditinggikan sarantiang, kapai tampek batanyo, kapulang tampek babarito.(12)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube