Headline News

header-int

Kejari Pessel siap dukung dan Sukseskan Pilkada 2020

Kamis, 20 Februari 2020, 18:50:03 WIB - 543 | Kontributor : Mario Rosy
Kejari Pessel siap dukung dan Sukseskan Pilkada 2020

Pesisir Selatan

 
Dalam rangka mendukung suksesnya pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Kejaksaan Negeri Pesisir Selatan telah melaksanakan saran video confrence bersama JAM Intel Kajagung RI, untuk menyukseskan Pilkada serentak 2020. Kamis (20/2)
 
Hal itu diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri Pesisir Selatan Donna Rumiris Sitorus, SH, M.Hum melalui Kasi Intel Kejari Pessel Agustian, SH, MH menuturkan bahwa Kejaksaan Negeri Pessel sejauh ini telah melakukan video confrence dalam kaitan pelaksanaan Pilkada 2020.
 
" Kita dari Kejari Pessel siap untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkda Pessel 2020, khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan," ujar Kasi Intel.
 
Dijelaskan Agustian, pada video confrence kali itu dihadiri Kajari Pessel, Kacabjari Balai Lasa, dan jaksa fungsional di Kejaksaan Negeri Pesisir Selatan. Hal itu dimaksudkan agar dalam pelaksanaan Pilkada 2020 di Kabupaten Pessel, bisa berjalan aman, kondusif dan sukses.
 

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan bakal membentuk Sentra Penegakan Hukum Terpadu ( Gakkumdu), paling lambat bula Maret ini. Pembentukan Gakkumdu ini telah dibicarakan antara kejaksaan Kepolisian dan Bawaslu.

” sekitar bulan Maret,  kita akan membentuk Gakkumdu,” ungkap Ketua Bawaslu Pessel Erman Wadison.

Lanjut Erman, Sentra Gakkumdu melibatkan 3 orang dari Kejaksaan 6 dari kepolisian dan Bawaslu.

“Gakkumdu ini nantinya akan menangani kasus tindak pidana pemilu seperti, intimidasi, perusakan alat peraga kampanye dan lain sebagainya,” terang Erman Wadison.

Katanya, Gakkumdu bersama kepolisian dan kejaksaan, Bawaslu bakal mengungkap atau menegakkan pelanggaran pidana pemilu.

Sejauh ini koordinasi ( ajukan usulan anggota Gakkumdu) telah dilakukan Bawaslu Pessel dengan pihak Kejaksaan Negeri Pessel, sedangkan dari Kepolisian Polres Pessel sejauh ini masih menunggu lebih lanjut. Namun, bulan maret Gakkumdu sudah terbentuk.

Hal ini guna menegakkan keadilan pemilu.  Keadilan merupakan roh penyelenggaraan pemilu. Adil berdasarkan UU Nomor 7 Tahun tentang Pemilu didefinisikan asas dan prinsip pemilu di Pasal 3 dan 4. Tekuk nya.(01)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube