Headline News

header-int

Korban Gempa Pessel

, 01 Oktober 2009, 00:00:00 WIB - 2148 | Kontributor :

 


PAINAN, Okt.

SEKITAR 1023 unit rumah di Kabupaten Pesisir Selatan rusak berat akibat gempa yang menghoyak Sumatra Barat Rabu (30/9) sore kemarin. Tidak hanya itu, lima orang warga dilaporkan meninggal dunia akibat tertimba reruntuhan bangunan dan tertimpa pohon. Puluhan lainnya dilaporkan luka dan patah tulang.

Lima orang warga yang meninggal tersebut masing-masing Khatib Suang,65, warga koto Pulai Kecamatan koto XI Tarusan, Ros Tanjung, 70, Siguntur, Tarusan, Abu Khair, 40, Ampang Pulai, Tarusan dan Miat, 60, Duku serta satu orang lagi belum diketahui identitasnya. Sementara korban patah tulang dan luka-luka adalah Yesi,20, Koto Pulai, Tarusan, Sias,75, koto Pulai, Inuh, 70, Teratak sungai Lundang, Siel, 20, Koto Pulai,

Sedangkan Yusmaniar, Deni, Mardianto, Herman Effendi, Asral, Yenita dan Sri Utami saat ini tengah mendapat perawatan intensif di RSUD DR. M. Zein Painan. Ketujuh korban tersebut hingga kini belum terindentifikasi kampung asal mereka.

Ribuan warga Pesisir Selatan hingga Kamis sore kemarin masih tinggal di tenda-tenda darurat dan rumah saudaranya. Soalnya, tempat tinggal mereka tidak bisa lagi di tempati. Sementara warga yang mengungsi pada Rabu malam sudah berangsur pulang ke rumah masing-masing.

Data sementara yang dihimpun di Posko Penanggulangan Bencana Alam Kabupaten Pesisir Selatan menyebutkan, Koto XI Tarusan, Bayang, Bayang Utara dan IV Jurai merupakan kecamatan yang terparah terkena musibah gempa.

Dari pantauan di lapangan, seperti di Kenagarian Taratak Sungai Lundang Kecamatan Koto XI Tarusan, Barung-Barung Belantai, Koto Baru Bayang dan Lumpo sebagian besar rumah masyarakat tidak layak huni. Sementara di Kecamatan Bayang Utara, tiga nagari di daerah itu masing-masing Muaro Air, Koto Ranah dan Pancung Tebal masih terisolasi. Karena sejumlah titik jalan kabupaten yang menghubungkan nagari itu keluar terputus tertimbun longsor akibat gempa.

Seperti yang dituturkan Yet, warga Ampuan Kenagarian Lumpo, IV Jurai, sebagian besar bangunan rumahnya rubuh. Sehingga memaksa ibu empat anak itu menumpang tinggal di rumah saudara terdekat.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube