Headline News

header-int

Masuki Bulan Maret, Pessel Telah Menuntaskan Pelelangan Enam Paket Proyek

Senin, 11 Mar 2019, 16:00:29 WIB - 184 | Yoni Syafrizal

Pesisir Selatan, 11 Maret 2019--Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Hendrajoni ingatkan agar semua program pembangunan fisik dan non fisik yang masuk pada paket tender APBD tahun 2019, bisa segera dituntaskan pelelangannya.

Dari itu kepada semua Perangkat Daerah (PD) yang ada, dimintanya untuk segera melaporkan dan mengajukan pelelangan kegiatannya.

Dia menjelaskan laporan pengajuan rencana pelelangan kegiatan itu, disampaikan melalui panitia atau tim kelompok kerja unit lapangan pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Pessel.

" Ini saya sampaikan, agar pelaksanaan pembangunan fisik maupun non fisik yang didanai oleh APBD, tidak molor di akhir tahun. Dari itu kepada semua PD, diminta untuk segera menuntaskan laporan semua kegiatan yang akan ditenderkan. Tujuannya agar tim Pokja Unit Lapangan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, atau Unit Layanan Pengadaan (ULP), bisa segera melakukan pelelangan. Sebab kita menargetkan pelelangan semua paket proyek baik fisik maupun non fisik bisa tercapai sebesar 80 persen menjelang akhir April 2019 ini," katanya kepada pesisirselatan.go.id Senin (11/3).

Disampaikannya bahwa hal itu merupakan harapan masyarakat dalam merealisasikan percepatan pembangunan diberbagai bidang. Sebab hal itu juga berpengaruh terhadap percepatan peningkatan ekonomi di tingkat masarakat dan daerah.

" Karena sudah memasuki bulan ke tiga tahun 2018, sehingga saya tegaskan kepada semua PD yang ada untuk segara menuntaskan proses tender semua kegiatan yang telah direncakan," ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa bila semua kegiatan yang sudah dialokasikan ke dalam APBD tahun 2019 selesai ditender. Maka tidak tertutup kemungkinan Pessel akan segera pula membahas perubahan APBD tahun 2019.

" Sebab gambaran berapa nominal atau angka yang tersisa setelah tender dilakukan, sudah bisa diketahui. Berdasarkan hal itu, maka sarana atau infrastruktur yang prioritas bisa pula dianggarkan melalui perubahan anggaran," ujarnya.

Kepada penaggung jawab kegiatan tender, dia juga menegaskan agar pula melaksanakan proses pelelangan sesuai aturan dan ketentuntuan berlaku.

" Ini saya ingatkan agar para penanggung jawab kegiatan tidak bermasalah dengan hukum. Sebab semua kegiatan yang didanai oleh pemerintah, baik melalui APBD kabupaten/provinsi maupun pusat, diawasi secara ketat. Pengawasan itu bukan saja oleh instansi terkait, LSM dan aparat hukum, tapi juga oleh masyarakat," ingatnya.

Kepala Bagian (Kabag) Pengadaan Barang dan Jasa Sekdakab Pessel, Naswin Hakim ketika ditanya pesisirselatan.go.id Senin ((11/3) menjelaskan bahwa  keterbukaan dan tidak diskriminatif merupakan salah satu upaya yang dilakukan pihaknya dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dan pelaku usaha.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menginformasikan kegiatan lelang dengan seluas-luasnya kepada publik melalui website resmi dan sistem pengadaan barang dan jasa secara elektronik.

" Agar pelaksanaan tender semua kegiatan yang didanai oleh APBD kabupaten bisa segera dituntaskan, maka saya berharap kepada semua OPD segera mengajukan dan melaporkan semua kegiatannya. Baik kegiatan fisik, maupun non fisik sesuai imbauan yang disampaikan bupati," ingatnya.

Ditambahkannya bahwa sejak awal Januari hingga saat ini, jumlah paket proyek yang sudah selesai ditender ada sebanyak 6 paket. Sedangkan sebanyak 15 paket sudah dimulai pula proses tendernya.

" Enam paket proyek yang sudah selesai ditender itu diantaranya, pengadaan CS Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Zein Painan dengan nilai Rp 1.061.344.786, pengadaan makanan pasien Rp 1.500.236.065, pengadaan listrik rumah tangga miskin Rp 1.146.713.546, pengadaan video trond pada Dinas Kominfo Rp 1,1 miliar, pemeliharaan berkala/peningkatan kapasitas jalan kabupaten Rp 7.949.999.000. Sedangkan satunya lagi adalah pengadaan jasa kebersihan kantor bupati," jelas Naswin.

Dijelaskan lagi bahwa tahun 2019 ini, jumlah paket kegiatan yang akan ditender di daerah itu ada sebanyak 157 paket.

" Kita optimis menjelang akhir April 2019 semua paket tersebut akan tuntas sebesar 80 persen. Sebab kepada PD yang ada, kita sudah menyampaikan agar segera melaporkan semua kegiatan yang akan ditender kepada tim atau panitia yang sudah dibentuk," tutupnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube