Headline News

header-int

Pasar Painan Dapat Penghargaan Sebagai Pasar Tertib Ukur.

, 15 Desember 2014, 22:17:14 WIB - 207 | Kontributor :

Painan,Desember 2014.    

Pemerintah pusat memberikan penghargaan  berupa piagam  kepada bupati Pessel H Nasrul Abit atas keberhasilannya menjadikan pasar Painan sebagai Pasar Tertib Ukur.

Pengharagan tersebut diserahkan oleh Direktur Standarlisasi  dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan RI  Widodo kepada bupati Pessel diwakili Kabid Perdagangan Dinas Koperindah dan Pasar Pessel Muzahir, serangkaian  dengan kegiatan  pencanangan daerah tertib ukur di Gedung Lawang Sewu Semarang Jawa Tengah ( jateng),

Selain Pessel, beberapa daerah lain juga mendapat penghargaan yang sama antara lain, kota Sawah Lunto, Sijunjung,Mentawai, kabupaten Agam,kemudian 3 daerah yaitu Kota Solok, Kota Banda Aceh dan Kota Semarang mendapat penghargaan Daerah Tertib Ukur dari pemerintah.

Kepala Dinas Koperindag Dan Pasar Pessel Hj Hazrita menilai, keberhasilan masyarakat pedagang pasar Painan Pessel  yang telah mengunakan alat Ukuran Timbangan dan Perlengkapannya(UTTP) yang bertanda Tera , kemudian nminimal  setahun sekali  melakukan tera ulang UTTPnya oleh metrologi daerah dan unit kerja yang menanganinya, seluruh para pedagang pasar telah terdata dan termasuk peralatan yang digunakannya .

Keberhasilan ini juga berkat kesadaran masyarakat pedagang  dalam  mengunakan alat timbang untuk  transaksi jual beli dengan ukuran yang  tepat, maka kemungkinan tidak akan ada lagi terjadi pedagang melakukan penyalah gunaan timbangan  yang dapat merugikan konsumen.

Para pedagang pasar Painan yang mengunakan UTTP juga  dilakukan pengawasannya oleh Dinas Koperindag dan pasar Pessel, hal tersebut dimaksud agar UTTP dapat berjalan  dengan baik, kondisi tersebut terbukti  masyarakat pedagang Pasar Painan  ditetapkan sebagai pasar Tertib Ukur oleh pemerintah pusat,kemudian   diharapkan akan dapat menjadi contoh bagi pedagang pasar lainnya (07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube