Headline News

header-int

Peduli Dunsanak di Rantau, PKPS Berbagi Kasih

Senin, 19 Juli 2021, 23:29:41 WIB - 273 | Kontributor : Wempi Hardi, S.H
Peduli Dunsanak di Rantau, PKPS Berbagi Kasih

Pesisir Selatan -- Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS) Provinsi Sumatera Barat menyalurkan bantuan beras sebanyak 2,5 ton untuk perantau asal Pesisir Selatan yang ada di Kota Padang.

Ketua Umum DPW PKPS Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Sengaja Budi Syukur menyebutkan, bantuan tersebut berasal dari donasi warga Pesisir Selatan di Kota Padang yang secara spontanitas tergerak hati untuk membantu sesama perantau.

“Menyikapi masa pandemi Covid-19 yang masih berlanjut, ditambah kondisi Kota Padang yang saat ini menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), para donatur dari PKPS berinisiatif untuk mengumpulkan sumbangan,” kata Budi Syukur, Senin (19/7).

Budi Syukur berharap, bantuan tersebut dapat meringankan beban perantau yang mengalami dampak ekonomi selama masa pandemi Covid-19. Pandemi yang sudah berlangsung lebih satu tahun itu telah memberikan dampak luar biasa kepada seluruh sektor, terutama sektor ekonomi.

“Kondisi ini tentunya menuntut kepedulian kita semua kepada sanak saudara yang terpaksa harus kehilangan pekerjaan, kehilangan penghasilan untuk saling berbagi,” ujarnya.

Dia juga berpesan kepada seluruh perantau untuk tetap disiplin menaati protokol kesehatan. Tetap memakai masker dan menghindari kerumunan yang berpotensi terjadinya penyebaran Covid-19.

Wakil Ketua Umum (Waketum) PKPS Provinsi Sumbar Edi Suwandi didampingi salah seorang pengurus PKPS, Arpan Rusyda menambahkan, total donasi yang terkumpul sekitar 2,5 ton. Dialokasikan untuk sekitar 500 keluarga perantau Pesisir Selatan yang ada di Kota Padang.

“Sebagai bentuk kepedulian kepada perantau terutama karena akan masuk lebaran kurban, bantuan dari donatur ini segera kami bagikan dengan harapan dapat meringankan,” kata Edi.

Dia menyadari, bantuan dari PKPS tersebut tidak banyak. Untuk itu, penyalurannya diprioritaskan untuk keluarga kurang mampu. Sementara perantau Pesisir Selatan di Kota Padang sendiri sangat banyak.

“Tujuannya agar sanak saudara perantau yang sangat terpuruk karena terdampak pandemi dapat terbantu di masa PPKM Darurat ini,” ujarnya.

Penyalurannya, selain dijemput sendiri oleh penerima juga didistribusikan oleh pengurus PKPS di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Karena domisili perantau Pesisir Selatan tersebar di seluruh wilayah Kota Padang.

“Kita semua berharap situasi pandemi ini cepat berlalu agar aktivitas masyarakat dapat normal kembali, yang menganggur bisa kembali bekerja, pedagang bisa kembali normal berjualan dan sebagainya,” katanya.

“Sepanjang itu, mari kita bersama-sama berupaya, agar rantai penyebaran Covid-19 dapat diputus. Ikuti aturan pemerintah, taat protokol kesehatan dan tetap menjaga imun tubuh,” tandasnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube