Headline News

header-int

Pemkab inginkan sinergitas batik tanah liek dengan getah gambir

Kamis, 21 Mar 2019, 11:00:27 WIB - 66 | Pransisko Redi
Pemkab inginkan sinergitas batik tanah liek dengan getah gambir

Pesisir Selatan 20-03-2019 -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan inginkan adanya sinergitas produksi gambir dengan Batik Tanah Liek.

Pasalnya, persoalan harga gambir yang tengah mendera petani saat ini sungguh memperihatinkan, karena dipicu dengan semakin menurunnya harga gambir basah ditingkat petani diwilayah itu.

Penurunan harga tersebut telah terjadi sekitar satu tahun silam dan hingga saat ini penurunan harga masih terjadi yakninya untuk saat ini berada pada kisaran Rp15.000 hingga Rp19.000 perkilogramnya.

Hal itu sudah jelas tidak akan mengantarkan yang namanya sejahtera ditingkat petani gambir didaerah itu, dimana dengan harga yang relatif rendah tersebut petani gambir hanya mampu berpenghasilan sekitar Rp70.000 dan itu kotor.

Menyikapi hal itu, Pemerintah daerah mengupayakan sebuah alternatif dimana gambir petani didaerah itu bisa dimanfaatkan sebagai bahan pewarna dasat dari batik tanah liek didaerah setempat.

"Dengan adanya pabrikasi batik tanah liek ini, maka kita harap memberikan dampak positif kenaikan harga gambir didaerah kita, dan masyarakat tidak hanya menjadikan investor India sebagai satu-satunya penampung komoditi ekspor ini,"tegas. Kepala Bidang Perdagangan di Dinas Koperasi, UMKM Perindustrian dan Perdagangan setempat. Hendro Kurniawan. Rabu 19/03 diruangan kerjanya.

Menurutnya, pengembangan batik tanah liek tersebut tidak terlepas dari program kegiatan yang dicanangkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Pessel. Lisda Hendrajoni yang berjibaku mempromosikan serta mengembangkan hasik karya anak nagari didaerah itu.

"Jadi, saat ini pemerintah tengah melengkapi sarana dan prasarana pendukung pengolahan gambir beserta batik tanah liek ini, saya yakin tahun depan akan memperlihatkan hasil positif,"tutupnya.

Sementara itu. Kepala Dinas Penanaman Modal, Perizinan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pesisir Selatan. Suardi. S mengatakan bahwasanya untuk saat ini terdapat dua unit industri pengolahan daun gambir tengah beroperasi diwilayah itu dengan jumlah investasi sekitar Rp20 miliar.

"Lokasinya ada di Kecamatan Sutera dan Kecamatan Koto XI Tarusan, dengan investornya berasal dari India,"tutupnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube