Headline News

header-int

Pengawas Lapangan Harus Jujur Laksanakan Tugas

Selasa, 22 Mei 2018, 08:21:49 WIB - 371 | Kontributor : Yoni Syafrizal

Pengawas Lapangan Harus Jujur Laksanakan Tugas

Painan, 22 Mai 2018--Tenaga Pengawas Lapangan (TPL) memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan kualitas pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah. Karena peran itu, sehingga mereka dituntut melaksanakan tugas sesuai aturan yang berlaku, serta tidak boleh bermain dengan pihak rekanan.

Hal itu disampaikan sekretaris daerah kabupaten (Sekdakab) Pesisir Selatan (Pessel), Erizon di Painan Selasa (22/5) terkait upaya daerah itu dalam meningkatkan kualitas berbagai pembangunan infrastruktur yang dilakukan.

Disampaikanya bahwa dengan peran dan fungsi yang dimiliki itu, maka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pengawas, perlu mendapat perhatian serius. Dan itu dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat) secara berkesinambungan.

" Untuk meningkatkan kualitas dan SDM para tenaga pengawas lapangan, terutama yang berkaitan dengan kegiatan fisik, daerah ini selalu memberikan pembekalan melalui Diklat secara rutin. Upaya itu selain bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM pengawas lapangan, juga untuk membentuk mental yang baik, agar mereka  bertanggung jawab penuh terhadap tugas yang dibebankan," katanya.

Ditambahkanya bahwa pengawas lapangan merupakan ujung tombak untuk meningkatkan mutu pembangunan infrastruktur.

Makanya mereka dituntut harus melaksanakan tugas sesuai aturan yang berlaku, dan tidak boleh bermain dengan rekanan. Pengawas lapangan juga harus menjaga integritas, tidak mudah tergoda oleh bujuk rayu siapapun demi mendapatkan keuntungan pribadi atau golongan tertentu.

" Mereka juga berwenang memerintahkan rekanan untuk membongkar infrastruktur yang dibangun bila tidak sesuai bestek. Jadi intinya, pengawas berperan penting dalam peningkatan mutu infrastruktur yang dibangun," ingatnya.

Dia menambahkan bahwa di tahun 2018 ini, pembangunan baik bidang prasarana jalan, tata ruang dan permukiman, dilakukan secara seimbang dengan mengutamakan mutu.

" Sebab tidak zamannya lagi melaksanakan pekerjaan asal-asalan. Bila menyalahi aturan, maka bersiaplah untuk berhadapan dengan hukum," tegasnya (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube