Headline News

header-int

Sunardi Kepala SMPN I Lunang Mampu Melahirkan siswa Berprestasi Hingga Tingkat Nasional

, 26 Juli 2017, 00:00:00 WIB - 405 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H

Painan,Juli --Sunardi S.Pd M TPd  Kepala SMPN I Lunang Kecamatan Lunang Kabupaten Pessel telah mampu mengantarkan anak didiknya menjadi siswa berprestasi tingkat Nasional.Dengan pola pendidikan intensif dan pokus pada bidang studi. Mampu mengantarkan siswa siswanya memenangkan perlombaan hingga tingkat nasional .

Menjadikan anak didik menjadi siswa berpestasi adalah keinginan setiap guru, berbagai bentuk pembinaan dan pembelajaran dilakukan agar anak didiknya mampu menyerap pelajaran yang diberikan oleh majelis guru. Sebagai seorang guru harus jeli dan peka dengan kemampuan siswa.

Itulah yang selalu diterapkan oleh Sunardi di sekolah yang dipimpinnya tersebut . Untuk melihat kemampuan siswanya perlombaan tingkat kelas dan siswa digelar . Sebab dengan pelombaan itulah kemapuan siswa yang berprestasi akan muncul.

untuk mencari siswa yang berprestasi pihak sekolah telah melakukan pembinaan kepada siswa semenjak siswa tersebut kelas VII. Para guru melihat siswa yang mana berprestasi dan memiliki potensi.Setelah pihak sekolah melihat siswa yang memiliki potensi dibidangnya maka pihak sekolah fokus mengasah siswa tersebut pada bidang yang dikuasainya. 

"Setelah siswa berprestasi itu muncul baru setelah itu memfokuskan pada bidang yang dikuasai oleh siswa tersebut. Pembinaan intensif dan bentuk pembelajaran yang berpola diterapkan sehingga kemampuan dari siswa itu semakin terasah dan memiliki kemampuan lebih," ujarnya .

Suami dari Dewi Hapsari K Amd peranjin Batik Tanah Liek ini mengungkapkan upaya yang dilakukannya itu akhirnya berbuah hasil. selama 2 tahun berturut turut siswa siswa dari SMPN I Lunang  mampu mengukir prestasi, prestasi yang diraih tersebut tidak saja sampai Kecamatan, namun hingga Kabupaten, provinsi dan tingkat Nasional.Dimana pada tahun 2016 lalu siswanya berhasil meraih prestasi atas nama Zikri Nur Rahman , siswa ini mewakili Provinsi Sumbar untuk olimpiade Matematika ketingkat Nasional dan meraih peringkat  Harapan I. Dan untuk tahun 2017 ini Dita Azahra mewakili Provinsi sumbar untuk lomba Sains (jurusan IPS) tingkat Nasional 

Menurutnya selain pembinaan kepada siswa peningkatan Sumber daya guru juga terus dilakukan. Sehingga pembinaan dan pelatihan kepada siswanya semakin bermutu sebab  tenaga pendidiknya juga memiliki kualitas yang baik. Target ayah dua orang putra ini adalah prestasi , kendati itu tidak dijadikan beban kepada siswanya ."Kita targetkan bisa meraih ptestasi, kendati begitu ini bukan menjadi target utama, namun membuktikan kalau siswa siswa Pessel memiliki kualitas yang sangat baik," ujarnya

Sunardi menambahkan dirinya banyak belajar dari berbagai referensi dari berbagai sumber ,saran dan masukan dari berbagai pihak baik itu teman,sesama guru bahkan dari para siswanya sendiri karena masukan itu akan bermanfaat untuk kemajuan sekolah dan pendidikan Pessel kedepannya.

Dia sangat berkeinginan sekali putra putri Pessel bisa berprestasi hingga tingkat Nasional ,salah satunya adalah menjadi juara olimpiade sains tingkat Nasional. Dan upayanya itu dari kini telah di rintisnya dengan  memberikan pembinaan secara kontiniu kepada siswa siswa berprestasi." Kita memiliki potensi siswa siswa yang memiliki kemampuan namun kekurangan kita sekarang ini adalah pembinaan yang masih lemah,namun kedepannya kita berharap pada siswa kita yang berprestasi ,' ujarnya

Pria kelahiran Tj Beringin Lunang 28 November 1975 ini menambahkan untuk memenuhi standar pendidikan baik pendidikan kharakter,akademik siswa,pengembangan siswa, dan awalnya dirinya mendapatkan pandangan miring dari masyarakat, dan majelis guru ,tetapi pandangan miring itu  diupayakan untuk menjadi motivasi bagi dirinya dan pihak sekolah untuk bisa berprestasi dan membanggakan pihak sekolah hingga daerah ."Dan itu terbukti dengan berbagai prestasi yang telah dicapai oleh sekolah dan para siswanya yang akhirnya mengubah pandangan sebelah mata itu menjadi kebanggaan, ujanya .'

Diketahui jumlah siswa SMPN I Lunang jumlah siswanya 587 dari 22 Rombongan Belajar(Rombel) yaitu Kelas VII 8 Rombel,Kelas VIII 7 Rombel dan IX 7 Rombel.Dengan tenaga pengajar 48 orang,28 diantaranya PNS dan 20 orang honorer."Untuk mencapai prestasi peran serta siswa ,orang tua wali murid,masyarakat dan komite sangat diperlukan dalam memajukan prestasi," ujarnya   

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dan Ketua Tim PKK Pessel Lisda Hendrajoni sangat berapresiasi atas prestasi ayng diraih oleh siswa SMP 1 Lunang . Sebab prestasi ini membuktikan kalau Pessel memiliki siswa siswa yang berkualitas."Prestasi siswa SMPN I Lunang membawa nama baik Pessel dan p[restasi yanbg diraih itu mermbuktikan kalau siswa siswa Pessel mampu berpestasi hingga tingkat nasional," ujarnya (07) 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube