Headline News

header-int

Warga Pessel bangun kampung halaman setelah bertarung hidup di Irian Jaya, Jakarta dan Malaysia

, 15 Agustus 2017, 00:00:00 WIB - 1109 | Kontributor : M. Joni, S.H

Painan,Agus 2017- Menghindari keterpurukan ekonomi dan keterbatasan lapangan kerja dikampung halaman, Tak heran  banyak dikalangan masyarakat memilih merantau ke berbagai daerah maupun luar negeri , terutama bagi mereka yang  putus sekolah, maupun yang sudah selesai menjelankan pendidikan sarjana(S1) sebagian mereka nekat bertarung mengadu nasib  di ibu kota.

Warga Pessel lebih  banyak melirik  daerah  Jakarta,Irian Jaya ( Papua) dan Malaysia, mereka  bekerja di rantau sebagai, pedagang, karyawan swasta, aparatur pemerintah,kemudian setelah mereka  berhasil    dirantau, banyak pula yang membangun di kampung sendiri, keberhasilan yang dicapai mereka tersebut salah satu faktor memicu masyarakat lain untuk meninggalkan daerahnya pergi merantau ke berbagai daerah di nusantara dan luar negeri.

Salah seorang  warga kecamatan Bayang  Dedy  Citra Permata   yang memiliki modal sarjana  FMIPA Kimia Unand Padang kepada pesisisirselatankab.go.id menuturkan, pihaknya nekat merantau ke Jakarta, apalagi  daerah tersebut  dinilai banyak  memiliki lapangan kerja  swasta sebagai daerah industri , bila mengandalkan untuk  menjadi Pegawai Negeri Sipil ( PNS) formasinya sangat terbatas, jadi solusinya  harus bisa mendapatan   pekerjaan lain  yang bisa mendatangkan hasil ,ulasnya.

Sementara itu,Wali nagari Puluit- Puluit Selatan kecamatan Bayang Utara Pessel  H Suherman mengakui,  sebagian besar warganya merantau ke daerah Irian Jaya ( Papua), pasalnya nagari yang dipimpinnya  dilingkungi daerah perbukitan  dengan lahan pertanian yang terbatas sebagai sumber pendapatan ekonomi keluarga, kondisi ini membuat warga nagari  yang ada di kampung terus semakin berkurang, bahkan mereka  memilih menetap di negeri orang ,apalagi lahan untuk membangun di kampung halaman tidak tersedia, akibat daerah yang sempit dan di kelilingi daerah perbukitan.

Sedangkan bagi masyarakat Surantih kecamatan Sutera,masyarakat kecamatan  Batang Kapas dan  Kambang kecamatan Lengayang  memilih merantau ke Malaysia, perantau tersebut banyak yang berhasil, terbukti pada saat  pulang kampung ikut memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah,bahkan di daerahnya(kampung)  banyak bangunan rumah yang nilainya ratusan juta,bahkan  sampai Milyaran rupiah, kemudian ada sebagai masyarakat  memilih merantau  ke Jakarta untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, baik sebagai pedagang maupun bekerja pada suatu perusahaan swasta  dan lainnya.

Ironisnya,masih  ada sebagian masyarakat merantau puluhan tahun, namun tidak membuahkan hasil, akhirnya memilih enggan untuk  pulang  ke kampung halaman  dan memilih  tinggal dinegeri orang,keberhasilan seseorang tidak terlepas dari usaha yang dilakukan sesuai dengan kemampuannya, sukses atau tidaknya, sangat tergantung dari nasib yang menentukan (10)

 

    

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube