Headline News

header-int

LDS Miliki Peran Besar Bentuk Generasi Islami Berkarakter

Jumat, 16 Agustus 2019, 16:05:07 WIB - 336 | Kontributor : Yoni Syafrizal
LDS Miliki Peran Besar Bentuk Generasi Islami Berkarakter

Pesisir Selatan--Lembaga Didikan Subuh (LDS) yang juga dilaksanakan di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) baik di tingkat kabupaten, kecamatan, nagari, hingga ke tingkat kampung, harus lebih dimaksimalkan lagi.

Upaya itu musti dilakukan sebab LDS memiliki peran yang sangat besar dalam membentuk generasi Islami yang berkarakter.   

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) sekretariat daerah kabupaten (Setdakab) Pessel, Yoli Aang Sofria Jumat (16/8) kepada penulis pesisirselatan.go.id.  

Dikatakanya bahwa selain peran pemerintah, kepedulian orang tua, masyarakat dan lingkungan sangat dibutuhkan agar LDS yang telah dijadikan sebagai konsep pendidikan agama bagi TPA/TPSA  di daerah itu benar-benar tercapai secara maksimal.

"LDS yang diterapkan oleh semua TPA/TPSA perlu mendapat dukungan penuh dari semua elemen masyarakat, terutama sekali orang tua. Sebab melalui kegiatan ini, pemahaman dan peningkatan pengetahuan secara dini bagi anak terhadap ajaran Agama Islam bisa dilakukan. Dan itu akan menjadi pondasi kuat bagi mereka agar keimananya tidak mudah goyah," ucapnya.

Disebutkan, untuk memotivasi para santri aktif dalam kegiatan LDS, maka pemerintah daerah melalui tim LDS kabupaten dan provinsi melakukan perlombaan setiap tahunnya.

"Di Pessel, penilaian dilakukan terhadap santri TPA/TPSA  beberapa waktu lalu, jelasnya.

Diantaranya, lomba baca Al Quran, pidato, sholat jenazah dan lainnya. Kemudian juga dialog interaktif dengan dewan hakim yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kemampuan para santri tentang ilmu Agama Islam," ungkapnya.

Lebih lanjut disebutkan, visi dan misi pemerintah daerah Pessel, salah satunya terwujudnya masyarakat yang agamais.  Untuk mencapai visi dan misi tersebut, maka pembangunan bidang keagamaan masuk dalam skala prioritas pembangunan.

" Ini juga dapat dilakukan melalui pemberdayaan dan peningkatakan kapasitas LDS di semua TPA/TPSA yang ada. Untuk mewujudkan kualitas pembelajaran yang semakin membaik, maka pengurus LDS mulai dari tingkat nagari, kecamatan hingga ke tingkat kabupaten, ditantang bisa melahirkan sistem atau kurikulum pembelajaran yang lebih berkualitas lagi dimasa mendatang," tutupnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube