Headline News

header-int

Siswa SDN 01 Pasar Kuok Batangkapas Menggalang Dana dari Pessel Untuk Palestina di Sekolah

Selasa, 20 Maret 2018, 13:25:06 WIB - 544 | Kontributor : Kiki Julnasri Priatama
Siswa SDN 01 Pasar Kuok Batangkapas Menggalang Dana dari Pessel Untuk Palestina di Sekolah

Edukasi-- Sejumlah siswa di SDN 01 Pasar Kuok, Kecamatan Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan lakukan penggalangan dana dari kelas ke kelas di lingkungan sekolah sebagai bentuk solidaritas dari Pessel untuk warga Palestina, Selasa 20 Maret 2018.

Penggalangan dana ini, dilakukan siswa secara spontan dari lokal ke lokal antar sesama mereka. Dengan mententeng sebuah kardus, sebagian mereka terlihat menyicil uang recehan sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap sesama.

Menurut, Kepala UPT SDN 01 Pasar Kuok, Sukaftimal mengatakan, aksi solidaritas dari sejumlah siswa tersebut bukan dilakukan untuk kali pertamanya. Setiap, ada kegiatan sosial di daerah tersebut, para siswa ikut terbangun untuk menggerakkannya juga.

"Aksi terhadap Rohingya juga pernah digelar dan sekarang momennya untuk Palestina. Apalagi di daerah kita ada aksi solidaritas dari APP dalam menggalakan kondisi yang terjadi tentang Palestina, jadi mereka tampak ingin juga melakukan ,"sebutnya menanggapi aksi sejumlah siswa tersebut.

Dalam aksi tersebut, pihaknya mengakui bahwa sekolah hanya mengizinkan mulai siswa SD kelas 4, 5, 6. Karena memang, untuk tingkat kelas 4, 5, 6 sudah adak lebih paham tentang apa yang mereka perbuat.

"Intinya tidak menguragi nilai dan kinerja sekolah. Bahkan respon siswa kita ini, bisa dikaitkan dengan pelajaran PPKN sebagai bentuk kepedulian sosial untuk sesama,"terangnya.

Lanjutnya, kegiatan tersebut merupakan atas kemauan siswa sendiri dan tanpa ada paksaan dari sekolah. Nanti hasil sumbangan ini akan disalurkan melalui sekolah ke Disdik Pessel sesuai kegunaannya untuk Palestina.

"Berapa yang terkumpul dari mereka, semua akan kita serahkan ke Disdik. Dalam sumbangan siswa ini, kami para guru juga ikut menyumbang dengan hal yang sama dilakukan siswa,"ulasnya.

Salah seorang siswa kelas IV yang ikut terlibat sebagai pengumpul sumbangan menyatakan sangat senang bisa berbuat melakukannya. Sebab, peduli terhadap sesama diajarkan diajarkan di sekolah untuk saling menolong.

"Bu guru dan pak guru mengajarkan kami untuk saling membantu. Jadi sedikit yang kami lakukan, semoga bisa membantu saudara-saudara yang seumur dengan kami di Palestina,"ulasnya.

Dalam pengamatan, kegiatan siswa di SDN 01 Pasar Kouk ini terlihat menjelang jam istirahat sekitar pukul 09.30 WIB. Menjelang masuk jam pelajaran usai istirahat, seluruh siswa kembali belajar normal seperti biasanya susuai kebijakan sekolah. (08)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube