Headline News

header-int

Agar Perkembangan Pertanian dan Perkebunan, Dukungan Pemerintahan Nagari dan Petani Sangat Diperlukan

Minggu, 17 Januari 2021, 23:02:55 WIB - 290 | Kontributor : Wempi Hardi, S.H
Agar Perkembangan Pertanian dan Perkebunan, Dukungan Pemerintahan Nagari dan Petani Sangat Diperlukan

Pesisir Selatan --- Selain memiliki potensi besar yang dimiliki Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) di sektor pertanian dan perkebunan, ternyata juga bisa dikembangkan sebagai kawasan agrowisata bagi masyarakat pengunjung.

Potensi itu akan bisa berkembang secara pesat bila dikelola secara baik, seiring dengan telah dijadikannya Pessel sebagai salah satu daerah kunjungan wisata utama di Sumbar saat ini.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhortbun) Pesisir Selatan, Nuzirwan.

Besarnya potensi sektor pertanian dan perkebunan yang dimiliki oleh Pessel, ternyata tidak saja sekedar menjadikan daerah ini sebagai pangannya Sumbar.

" Namun lebih dari itu, yakni juga bisa dikembangkan sebagai kawasan agrowisata bagi wisatawan yang berkunjung," katanya, Minggu, (17/1).

Diungkapkanya bahwa pihaknya melalui kerjasama berbagai stakeholder terkait, akan terus berupaya mengembangkan potensi sektor pertanian dan perkebunan, sebab potensi itu juga memiliki nilai guna terhadap pengembangan pariwisata yang terus berkembang di daerah itu.

" Ekowisata pertanian akan menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Pessel. Potensi ini cukup besar bisa dikembangkan, sebab akan menjadi destinasi bagi wisata-wisata lainnya di daerah ini," ungkapnya.
 
Agar pengembangan bisa dilakukan secara maksimal sesuai dengan potensi yang ada, sehingga dukungan dan kerja sama dari pemerintahan nagari, maupun dari masyarakat petani itu sendiri sangat diharapkan.  

Selain stakeholder terkait, kita juga sangat mengharapkan kerja sama dari pemerintah nagari dan masyarakat petani dalam mengembangkan potensi ekowisata yang ada itu.

" Sebab keberadaan lokasi atau kawasan yang akan dikembangkan, hampir tersebar di setiap nagari di daerah ini," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube