Headline News

header-int

Agar Tepat Sasaran, Data Fakir Miskin Terus Dimutakhirkan

Kamis, 25 Februari 2021, 13:49:38 WIB - 245 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Agar Tepat Sasaran, Data Fakir Miskin Terus Dimutakhirkan

Pesisir Selatan--Karena data keluarga fakir miskin di lapangan bersifat dinamis dan berubah-rumah, maka data tersebut perlu dilakukan pemutakhiran secara berkala. Tujuannya agar berbagai bantuan sosial (Bansos) yang disalurkan kepada masyarakat benar-benar tepat sasaran. Termasuk juga di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Pessel, Zulfian Aprianto, Kamis (25/2) kepada pesisirselatan.go.id.

"Sebagai perangkat daerah yang bertanggung jawab, kami dari Dinas Sosial PPPA Pessel akan terus melakukan pemutakhiran data masyarakat miskin secara berkala. Ini kami lakukan agar program bantuan sosial yang disalurkan kepada masyarakat benar-benar tepat sasaran. Sebab data fakir miskin ini bersifat dinamis dan selalu berubah-ubah setiap saat," katanya.

Disampaikannya bahwa untuk pemutakhiran data secara berkala itu, pihaknya melakukan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) dan validasi Basis Data Terpadu (BDT) bagi petugas dan kader nagari .

"Bimtek dan BDT itu bertujuan agar pemutakhiran data terhadap fakir miskin bisa dilakukan secara berkala. Sebab kita memang menargetkan berbagai program Bansos benar-benar tepat sasaran di daerah ini," ucapnya.  
   
Dia juga menyampaikan bahwa pihaknya mesti menyamakan persepsi dengan petugas di lapangan agar basis datanya menjadi lebih tajam dan tepat sasaran.

Langkah itu dilakukan untuk meminimalisir kekurang akuratan data dalam rangka penetapan sasaran penerima program bantuan sosial.

Ditambahkannya bahwa data BDT tersebut wajib digunakan oleh pemerintah daerah dalam menyalurkan berbagai program perlindungan sosial.

Kegiatan ini sangat penting, karena perubahan kebijakan pemerintah dalam menyalurkan bantuan sosial dalam bentuk pangan sejak satu tahun terakhir. Melalui validasi dan verifikasi BDT ini diharapkan datanya semakin akurat.

Dijelaskan lagi bahwa saat ini pihaknya telah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG), yang secara terus menerus dikembangkan oleh Kementerian Sosial RI.

"Melalui aplikasi itu, sehingga petugas di lapangan bisa melakukan pemutakhiran data secara online maupun offline," tutupnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube