Headline News

header-int

Alfis Basyir: Pemkab Pessel Dukung Ketahanan Pangan Nasional

Kamis, 12 Sep 2019, 10:38:47 WIB - 6 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Alfis Basyir: Pemkab Pessel Dukung Ketahanan Pangan Nasional

Pesisir Selatan--Pemerintah daerah kabupaten (Pemdakab) Pesisir Selatan (Pessel) nyatakan dukunganya terhadap ketahanan pangan nasional. Upaya itu dilakukan, sebab katahanan pangan nasional itu memang harus di mulai dari tingkat daerah.  

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pangan Pessel, Alfis Basyir kepada penulis pesisirselatan.go.id Kamis (12/9).

Dia mengatakan bahwa untuk mencapai harapan itu, sehingga pihaknya terus melakukan sosialisasi pemanfaatan pangan non beras.

"Ini dilakukan, sebab ketahanan pangan nasional itu mamang harus dimulai dari tingkat daerah," ujarnya.

Diungkapkanya bahwa bahan pangan non beras bertujuan untuk menjaga ketahanan pangan di daerah.

Dari itu, masyarakat perlu melakukan upaya mempertahankan ketersediaan pangan dengan tidak mengkonsumsi satu jenis bahan makanan saja.

"Sebab jika masyarakat terbiasa mengkonsumsi satu jenis makanan saja, bisa menyebabkan masyarakat mudah rawan pangan," ujarnya.

Dari itu dia berharap agar masyarakat mulai belajar, dan mau mengkonsumsi makanan selain nasi dari sekarang.

Seperti halnya, jagung, ubi ubian, berbagai jenis buah-buahan dan biji-bijian yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan serta dibudidayakan.

Selain itu dia juga berharap agar masyarakat petani terus berupaya untuk peningkatan produksi bahan makanan selain beras, yang setara atau sebanding dengan capaian produksi padi.

"Itu disampaikan, karena kerawanan pangan akan muncul apabila padi tidak berproduksi optimal, jenis makanan masyarakat seragam, dan yang paling rawan itu ketika terjadi penjualan hasil panen secara besar-besaran di tingkat petani," tutupnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube