Headline News

header-int

Budaya Gemar Membaca Perlu Terus Ditingkatkan di Lingkungan Masyarakat

Selasa, 12 Januari 2021, 08:37:25 WIB - 22 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Budaya Gemar Membaca Perlu Terus Ditingkatkan di Lingkungan Masyarakat

Pesisir Selatan--Agar kualitas masyarakat semakin membaik lagi di masa datang, maka budaya gemar membaca perlu lebih ditingkatkan, termasuk juga di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Agar harapan itu tercapai, maka berbagai sarana penunjang perlu mendapat perhatian.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pessel, Mawardi Roska, mengatakan Selasa (12/1) bahwa untuk menumbuhkan budaya gemar membaca di daerah itu, pihaknya bukan saja melakukan pembenahan persoalan pada tata kelola kearsipan dan perpustakaan, tapi juga membangun jaringan dan mitra kerja dengan pemerintahan nagari dan kelompok masyarakat.

"Dalam waktu dekat ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pessel akan segera mengoperasikan gedung baru dengan berbagai sarana serta juga taman bacaan yang megah dan representative di Kota Painan. Agar keberadaan gedung dan taman bacaan yang megah ini bisa menyentuh semua nagari yang ada, maka kita akan meningkatkan pula jaringan dan mitra kerja dengan pemerintahan nagari. Termasuk juga kemitraan dengan lembaga-lembaga lainya seperti pengurus masjid, sekolah PAUD, Majelis Taklim dan banyak lagi," katanya.

Diungkapkannya bahwa untuk menunjang operasional petugas, pihaknya memiliki tiga unit mobil pustaka keliling.

"Walau dari segi jumlah hanya ada tiga unit, namun bila dikaitkan dengan kebutuhan ideal masih bisa dikatakan memadai. Sebab saat ini kita memang masih melakukan penyusunan berbagai program, dan terobosan-terobosan yang memiliki nilai plus dalam meningkatkan budaya gemar membaca itu," ujarnya.

Ditambahkanya bahwa pada negara-negara maju, keberadaan perpustakaan dengan bacaan-bacaan yang berkualitas sudah merupakan urusan wajib.

"Sebab sarana itu memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan kecerdasan dan kualitas anak bangsa. Karena hal itu, sehingga di Pessel keberadaan perpustakaan dan arsip, juga perlu mendapat perhatian serius. Terutama sekali dalam menciptakan program dan terobosan-terobosan yang tentunya dapat dipahami secara bersama, baik aparatur, maupun bagi masyarakat itu sendiri," ungkapnya.

Ditambahkan lagi bahwa salah satu upaya yang dilakukan saat ini agar masyarakat menjadikan taman bacaan sebagai pilihan tempat bermain adalah dengan disediakannya sarana berupa Hotspot atau jaringan internet gratis, yang juga didukung oleh perangkat komputer.  

"Melalui keberadaan sarana itu nanti, maka masyarakat akan semakin banyak berkunjung, sebab berbagai buku bacaan berkualitas juga bisa didapatkan, termasuk juga mencari tugas bagi anak sekolah melalui jaringan internet gratis yang disediakan," tutupnya. (05)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2021 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube