Headline News

header-int

Bupati Hendrajoni Akan Tingkatkan Akses Menuju Kota Terpadu Mandiri

Selasa, 14 Mei 2019, 12:18:51 WIB - 22 | Yoni Syafrizal
Bupati Hendrajoni Akan Tingkatkan Akses Menuju Kota Terpadu Mandiri

Pesisir Selatan - Keberadaan Kota Terpadu Mandiri (KTM) di Kecamatan Silaut Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), diharapkan bisa lebih dikembangkan lagi. Sebab kawasan KTM dengan luas 16 hektare sebagai mana diresmikan pada 5 September 2013 lalu dengan anggaran mencapai Rp 54 miliar, memang bertujuan agar peningkatan ekonomi dan pendapatan masyarakat bagian selatan daerah itu, benar-benar terwujud.  

Harapan itu disampaikan Wali Nagari Sangai Sariak Kecamatan Silaut, Edi Wibowo Selasa (14/5) kepada penulis pesisirselatan.go.id.

" Sebagai walinagari dan atas nama masyarakat Silaut, saya berharap keberadaan Kota Terpadu Mandiri sebagai mana telah diresmikan sejak enam tahun lalu ini, benar-benar memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat," ungkapnya.

Dia mengatakan bahwa harapan itu hanya bisa tercapai jika keberadaan KTM ini difungsikan dengan semestinya, yang tentunya dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai.

" Sebab yang terjadi saat ini, beberapa sarana yang dibangun belum termanfaat secara maksimal sesuai dengan fungsi dan tujuanya. Dari itu saya berharap ini medapat perhatian serius pemerintah daerah. Beberapa sarana penunjang yang dibutuhkan seperti air bersih, penerangan, sarana penghubung dan lainya," harap Edi Wibowo.

Ditambahkanya bahwa pembangunan KTM Silaut memiliki tujuan untuk mewujutkan pusat pertumbuhahan di kawasan itu dengan cara merevalisasi dan mereorientasi kawasan pemukiman transmigrasi.  

" Melalui upaya itu pemerintah berharap agar kawasan transmigrasi yang sudah berkembang menjadi kawasan perkebunan kelapa sawit ini, benar-benar berkembang menjadi kota yang bernuansa pertanian. Dari itu kami berharap agar berbagai sarana penunjang yang bisa menarik para pedagang dan pembeli untuk datang, bisa lebih ditingkatkan lagi," harapnya.  

Menanggapi hal itu, Bupati Pessel, Hendrajoni ketika dihubungi menyambut positif apa yang disampaikan itu. Sebab berbagai masukan dan aspirasi yang itu, akan ditindaklanjutinya di tingkat daerah bersama Perangkat Daerah (PD) terkait.

" Berbagai masukan itu akan kita tindaklanjuti di tingkat kabupaten agar menemui solusi. Bahkan hal-hal yang dinilai mendesak akan dilakukan tindaklanjutnya dengan segera. Seperti persoalan penerangan atau listrik, sarana air bersih, serta sarana jalan yang memiliki dampak terhadap peningkatan ekonomi pertanian di Silaut," katanya.

Dia juga menyampaikan bahwa keberadaan kawasan KTM di Kecamatan Silaut tersebut telah mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah itu.

Diungkapkanya bahwa Silaut merupakan kawasan transmigrasi yang dibuka oleh pemerintah pada tahun 1986.

" Karena kawasan ini memiliki prospek yang cukup besar untuk dikembangkan menjadi sebuah kota terpadu, sehingga oleh presiden SBY ditempatkan pembangunanya saat melakukan kunjungan pada tahun 2007 lalu," jelasnya.

Ditambahkanya bahwa untuk meperlancar akses menuju kawasan KTM, maka perlu dilakukan pembangunan jalan tembus ke daerah-daerah tetangga.

" Karena kondisi dan kebutuhan berbagai sarana ini hanya diketahui oleh masyarakat dan pemerintahan nagari, sehingga saya minta kepada walinagari segera membuatkan proposalnya. Saya berjanji akan menindaklanjutinya, jika kemampuan keuangan daerah terbatas, maka saya akan pergi ke pusat untuk mencarinya. Sebab itu memang tugas saya sebagai kepala daerah dalam menjawab keluhan dan kebutuhan masyarakat, termasuk juga masyarakat Silaut ini," tegasnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube