Headline News

header-int

Bupati Hendrajoni Launching Batik Motif Corona dan Batik Motif Jembatan Akar

Selasa, 19 Januari 2021, 20:53:21 WIB - 3208 | Kontributor : Wempi Hardi, S.H
Bupati Hendrajoni Launching Batik Motif Corona dan Batik Motif Jembatan Akar

Pesisir Selatan --- Bupati Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), H. Hendrajoni, melakukan launching batik motif Corona dan Batik Jembatan Akar, bertempat di Pòndopo Rumah Dinas Bupati, Selasa (19/1).

Launching batik Corona dan Titian Akar tersebut, dihadiri anggota DPR RI yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni dan sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat setempat.

Sebagaimana diketahui, produksi Batik Jembatan Akar berawal dari kegiatan pemberdayaan masyarakat di Nagari Puluik Puluik, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, sejak Oktober 2020 lalu.

Dipilihnya, motif jembatan akar, dalam rangka melestarikan  jembatan akar sebagai warisan budaya daerah yang sudah terkenal baik lokal maupun nasional.

Sementara perajin pembuat motif corona, Dewi Hapsari Kurniasih, mengatakan, bahwa batik motif corona adalah salah satu hikmah dirinya terkonfirmasi positif covid 19, karena motif batik tersebut ia sempurnakan ketika ia menjalani isolasi mandiri akibat terpapar COVID-19.

Kesibukannya membuat batik dimaksud untuk menghilangkan rasa jenuh selama menjalani isolasi, sekaligus sebagai cara untuk memotivasi diri agar segera cepat pulih.

Melalui Batik corona, Dewi mengisyaratkan pesan ke seluruh masyarakat, agar bersama-sama melawan COVID-19, mereka yang terpapar dan para penyintas mesti bangkit, warna kinclong di motif batik merupakan simbol semangat untuk semua.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, usai launching mengatakan, diharapkan, batik motif corona dan batik jembatan akar dapat menambah khazanah batik di Pesisir Selatan. Karena sebelumnya juga ada batik Mande Rubiah di Lunang dan batik Lumpo di Kecamatan IV Jurai.

Dikatakan melalui batik, kita dapat mempromosikan daerah dan pariwisata yang ada di Pesisir Selatan. 

" Diharapkan batik dapat menjadi ikon Pesisir Selatan dalam  mempromosikan pariwisata kepada wisatawan lokal dan mancanegara," harap bupati.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni mengungkapkan bahwa kerajinan batik di daerah setempat sudah berkembang sejak empat tahun terakhir.

Ia melanjutkan, pada tiga kecamatan dari 15 kecamatan yang ada sudah terdapat rumah produksi batik, yakni Bayang Utara, IV Jurai, dan Lunang.

" Lebih dari 200 perajin aktif memproduksi batik di tiga kecamatan itu, dan kami terus mendorong agar mereka terus berkarya," katanya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube