Headline News

header-int

Bupati Hendrajoni: Pembangunan TPS Koto Baru Akan Dialokasikan Pada APBD Tahun 2021

Kamis, 30 Juli 2020, 14:38:06 WIB - 112 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Bupati Hendrajoni: Pembangunan TPS Koto Baru Akan Dialokasikan Pada APBD Tahun 2021

Pesisir Selatan--Masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, menjadi salah satu penyebab beberapa aliran sungai dan bantaranya terlihat kotor di Kabupaten Pesisir Selatan.

Kondisi itu juga terlihat di pinggir sungai Batang Lengayang, tepatnya di belakang Masjid Al Iman Koto Baru dan Balai Kamis, Nagari Kambang, ketika dikunjungi Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, Kamis (30/7).

"Agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan di Pasar Kamis Koto Baru ini, maka dilokasi ini perlu dibangun Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara," ungkap Hendrajoni saat berkunjung.

Dia menjelaskan bahwa kebersihan lingkungan dan sungai dari sampah perlu mendapat perhatian serius agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi masyarakat, terutama dari segi kesehatan.

"Sebab sampah selain bisa menimbulkan penyumbatan aliran sungai, juga akan menjadi sumber penyakit. Dari itu perlu dibangun TPS di lokasi ini," ungapnya.

Bupati Hendrajoni dalam kesempatan itu juga memerintahkan Kepala Bapedalitbang, Yozki Wandri, agar mencatat usulan masyarakat terkait pembangunan TPS tersebut.

"Ini akan kita alokasikan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021. Agar tidak terlupa, saya minta kepada Kepala Bapedalitbang untuk mencatatnya. Kepala wali nagari juga saya minta untuk bisa membebaskan lahan tempat pembangunannya nanti," ujar Hendrajoni.

Wali Nagari Kambang, Irmawardi, ketika ditanya mengatakan bahwa keberadaan tempat pembuangan sampah di Kampung Koto Baru memang salah satu sarana yang cukup diharapkan oleh masyarakat.

"Tempat pembuangan sampah sementara atau TPS ini diharapkan, sebab di kampung ini terdapat satu unit pasar rakyat atau pasar tradisional yang selalu ramai setiap hari Kamis," katanya.

Dia menjelaskan bahwa petugas pasar selalu mengalami kesulitan untuk mengendalikan sampah.

"Karena nagari memiliki lahan untuk lokasi pembangunan TPS, sehingga besar harapan pembangunannya bisa terkabul pada tahun 2021 nanti sebagaimana disampaikan bupati ketika berkunjung tadi," timpalnya. (05)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube