Headline News

header-int

Bupati Rusma Yul Anwar dan Wagub Sumbar Hadiri Panen Raya di Barung-Barung Balantai

Jumat, 21 Januari 2022, 13:51:25 WIB - 301 | Kontributor : Riko Candra
Bupati Rusma Yul Anwar dan Wagub Sumbar Hadiri Panen Raya di Barung-Barung Balantai

Pesisir Selatan - Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar bersama Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy menghadiri kegiatan Panen Raya Santri Bertani di Pondok Pesantren Iqra barung-barung Belantai, Kecamatan Koto XI Tarusan.

Panen Raya itu terlaksana, karena sebelumya ratusan santri Ponpes Iqra ikut terlibat dalam penggarapan sawah seluas dua hektare di daerah itu. Dimana, Ponpes Iqra bekerjasama dengan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Gerakan Pemuda Batang Tarusan.

Bupati Rusma Yul Anwar mengapresiasi gerakan KUB dan Ponpes Iqra. Dia berharap, program santri bertani itu juga dapat menular ke pesantren-pesantren lainnya.

Menurutnya, jika semakin banyak pesantren yang ikut serta, program tersebut tentunya juga dapat berkontribusi lebih besar dalam meningkatkan produksi pertanian dan pengentasan kemiskinan.

Sementara, Wagub Sumbar Audy mengatakan pemerintah daerah bersama kelompok tani terus berupaya untuk mendorong produksi pertanian secara optimal agar mencapai target tanam yang cukup berat ini.

Diantaranya melalui perbaikan jaringan irigasi, pembuatan embung, mencetak sawah baru, dan berbagai upaya lainnya.

“Dengan begitu, kita berharap dapat meningkatkan luas tambah tanam, serta berdampak pada peningkatan produksi padi di Sumbar,” terangnya.

Di samping itu, pemerintah pusat juga membantu petani dengan berbagai jenis peralatan dan mesin pertanian, baik untuk pra tanam, panen, maupun pasca panen, dengan tujuan dapat mempercepat proses pengolahan tanah dan pasca panen, serta antisipasi berkurangnya tenaga kerja di lapangan.

Diketahui, Provinsi Sumbar adalah salah satu dari 17 provinsi penyangga padi nasional saat ini yang memegang amanah dalam mewujudkan swasembada pangan berkelanjutan.

“Untuk mendukung program tersebut, tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar ditargetkan untuk dapat memproduksi 1.542.893 ton padi,” katanya dalam menghadiri kegiatan Panen Raya di Barung-Barung Balantai, Kamis (20/1).

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube