Headline News

header-int

Cuaca Ektrem, Puluhan Nelayan Tradisional Nagari Api-Api Kecamatan Bayang Tak Melaut

Rabu, 20 Mei 2020, 12:35:16 WIB - 35 | Kontributor : Wempy Hardy
Cuaca Ektrem, Puluhan Nelayan Tradisional Nagari Api-Api Kecamatan Bayang Tak Melaut

Pesisir Selatan, - Puluhan nelayan tradisional Nagari Api-api Pasar Baru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan di sejak 3 (tiga) hari terakhir tidak melaut, menyusul cuaca ekstrem, gelombang tinggi disertai badai melanda perairan laut daerah tersebut.

"Sudah 3 hari ini, nelayan berhenti melaut, karena gelombang tinggi dan badai melanda perairan laut, sehingga jika kita paksakan meluat takut digulung ombak besar," kata wirayanto (45) tahun nelayan pantai Api-api, Rabu (20/5).

Ia mengatakan, para nelayan, saat ini tidak berani mencari ikan ke laut karena gelombang tinggi di atas tiga meter disertai badai melanda daerah ini setiap hari.

"Saya takut melaut sekarang karena gelombang besar disertai badai. Kalau cuaca ekstrem seperti ini dapat dipastikan gelombang di laut lepas di atas tiga meter. Jika dipaksakan kapal kita bisa tenggelam digulung ombak besar," ujarnya.

Sementara, Aziyul Nafri Walinagari Api-api Pasar Baru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan mengatakan, sebanyak 50 kepala keluarga (KK) nelayan tradisional nagari Api-Api, baru akan melaut bila cuaca normal, gelombang stabil dan tidak ada badai lagi. biarlah ekonomi keluarga kurang baik ketimbang berangkat ke laut tidak kembali lagi hilang digulung ombak," ujarnya.

Dia mengimbau masyarakat khususnya para nelayan, untuk mewaspadai cuaca ekstrem tersebut, karena bisa terjadi banjir dan longsor, serta badai. Demikian pula gelombang di perairan laut.

Ketinggian gelombang laut di atas tiga meter tersebut, lanjutnya dapat membahayakan keselamatan berlayar. karena itu, sebaiknya nelayan tidak berangkat ke laut mencari ikan khawatir akan hilang digulung ombak besar.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube