Headline News

header-int

Dinkes Tingkatkan Pelayanan Dan Sosialisasi Kesehatan Pada Seluruh Masyarakat

Kamis, 13 September 2018, 11:42:29 WIB - 368 | Kontributor : Marlison

PESISIR SELATAN, 13/9/2018-Dinas Kesehatan berupaya meningkatkan pelayanan dan sosialisasi kesehatan yang menyentuh langsung seluruh masyarakat hingga ke kampung-kampung terpencil di Kabupaten Pesisir Selatan. Demikian dikatakan, Kadis Kesehatan Pessel, Satria Wibawa, Kamis (13/9).

Disebutkan, terkait hal itu, maka seluruh petugas Puskesmas diminta melakukan pelayanan kesehatan secara optimal kepada seluruh masyarakat. Begitu juga dengan bidan yang berada di pusat kesehatan nagari harus berperan aktif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Sementara setiap Puskesmas dituntut untuk memiliki pelayanan unggulan yang berakses langsung ke masyarakat seperti pelayanan kesehatan terhadap beberapa penyakit yang rawan terjadi pada masing-masing daerah kerja Puskemas tersebut.

Sekarang, setiap kecamatan telah memiliki Puskesmas baik Puskesmas Rawat Jalan maupun Puskesmas Rawat Inap. Sementara Pusat Kesehatan Pembantu (Pustu) juga tersebar di 15 kecamatan yang ada.

Di sisi lain, kualitas sumberdaya tenaga medis terus ditingkatkan melalui pendidikan dan pelatihan. Itu amat penting sehingga pelayanan kesehatan pada masyarakat semakin optimal, ujarnya.

Selanjutnya, Dinas Kesehatan Pesisir Selatan hendaknya tetap konsentrasi membenahi dan memperkuat fungsi Puskesmas yang ada di setiap kecamatan. Langkah-langkah yang dilakukan adalah meningkatkan disiplin aparatur, pelayanan medis, penyuluhan kesehatan masyarakat, pembenahan dan kebersihan lingkungan Puskesmas dan lainnya.

Oleh karenanya, fungsi Puskesmas harus diperkuat baik dari sisi aparatur maupun pelayanan medis. Namun tentu harus didukung dengan anggaran yang memadai, sehingga fungsi tadi dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Lebih lanjut dikatakan, program strategis yang dilakukan adalah menyiapkan Puskesmas unggulan. Dalam artian, setiap Puskesmas memiliki pelayanan unggulan yang berakses langsung ke masyarakat seperti pelayanan kesehatan terhadap DBD, Malaria, penyakit paru-paru, jantung, Lansia dan lainnya.

Selain itu, pemkab melalui dinas terkait hendaknya terus membenahi dan memperkuat fungsi seluruh pusat kesehatan masyarakat (Puskemas) yang ada sebagai garda terdepan dalam melakukan pelayanan kesehatan di kecamatan.

"Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan kepada masyarakat di kecamatan, fungsinya harus diperkuat, baik dari sisi aparatur maupun pelayanan medis," katanya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube