Headline News

header-int

Doni Gusrizal: Hanya 57 Persen DI di Pessel Berkondisi Baik

Selasa, 25 Jun 2019, 08:18:14 WIB - 47 | Okis Mardiansyah
Doni Gusrizal: Hanya 57 Persen DI di Pessel Berkondisi Baik

Pesisir Selatan - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan hingga kini mencatat, hanya 57 persen daerah irigasi (DI) di daerah itu berkondisi baik. 

Kepala Dinas Pengelolaan dan Sumber Daya Air (PSDA), Doni Gusrizal menyebutkan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas irigasi di daerah itu.

"Ya, tahun ini pemerintah daerah mengalokasikan Rp 8 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk irigasi," katanya pada wartawan di Painan, Senin (24/6).

Berdasarkan data Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, 57 persen daerah irigasi (DI) di daerah itu berkondisi baik, 25 persen lainnya irigasi berkondisi sedang dan 28 persen lainnya dengan status buruk.

Selain dari APBD, kata Doni, pihaknya kini juga tengah berupaya mendapatkan dana pinjaman Pemerintah Indonesia melalui Asian Development Bank (ADB). Pinjaman itu melalui program Integrated Participatory Development and Management of Irigation Program (IPDMIP)

Ia mengatakan, program dilaksanakan selama lima tahun dan diyakini bermanfaat bagi empat juta petani penggarap dan pemilik lahan di 74 kabupaten, termasuk Pesisir Selatan.

"Kami masih menunggu dokumen dari BWSS V Padang," tuturnya. 

Seperti diketahui, Pesisir Selatan kini telah memiliki Komisi Irigasi. Pembentukannya sesuai SK Bupati Pesisir Selatan Nomor  050/243/Kpts/BPT-PS/2019 tentang Pembentukan Komisi Irigasi Kabuapaten Pesisir Selatan 2019. 

Sementara tugas pokoknya adalah membantu bupati merumuskan rencana kebijakan untuk mempertahankan dan meningkatkan kondisi dan fungsi irigasi yang ada.

Merumuskan rencana tahunan penyediaan, pembagian dan pemberian air irigasi yang efesien bagi pertanian. Merekomendasikan prioritas alokasi dana pengelolaan irigasi, melalui forum musyawarah pembangunan (Musrenbang).

Merencanakan pemeliharaan dan rehabilitasi jaringan irigasi yang meliputi prioritas penyediaan dana, pemeliharaan dan rehabilitasi. Melaporkan hasil kegiatan selama satu tahun pada bupati tentang kinerjanya.

Untuk itu, Bupati Hendrajoni meminta komisi irigasi untuk dapat bekerja dengan baik. Sebab, menyangkut kesejahteraan petani dan program swasembada beras secara nasional.

"Dengan keberadaan komisi irigasi, saya berharap ada kemajuan di sektor pertanian, utamanya tanaman pangan. Ini sejalan target swasembada pangan secara nasional," ujar Hendrajoni.

Menurutnya, Pesisir Selatan berkomitmen untuk peningkatan produksi padi sebesar 312.660 ton per tahun. Peningkatan luas sawah beririgasi  7,2 persen per tahun.

Peningkatan pembangunan sarana dan prasarana pertanian 9,60 persen per tahun, dan penerapan teknologi tepat guna pada 123 kelompok tani per tahun.

Komisi Irigasi Kabupaten mempunyai wilayah kerja, dengan daerah irigasi luasnya di bawah 1000 hektare. 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube