Headline News

header-int

Dua Sanggar Seni Pesisir Selatan Terima Bantuan Penguatan Kearifan Lokal Dari Kementerian Sosial

Rabu, 29 Juli 2020, 20:20:37 WIB - 212 | Kontributor : Wempi Hardi. SH
Dua Sanggar Seni Pesisir Selatan Terima Bantuan Penguatan Kearifan Lokal Dari Kementerian Sosial

Pesisir Selatan --- Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI) memberikan bantuan penguatan kearifan lokal terhadap dua sanggar seni senilai Rp50 juta terhadap masing-masing sanggar seni, dalam upaya melestarikan budaya kearifan lokal di Kabupaten Pesisir Selatan.

dua sanggar seni tersebut meliputi, sanggar seni San Alida Painan Kecamatan VI Jurai, dan sanggar seni Anak Tarusan Kecamatan Koto XI Tarusan.

Lisda Hendrajoni anggota Komisi VIII DPR RI mengatakan, bantuan penguatan kearifan dari kementerian sosial, bisa dapat menunjang kegiatan pembinaan dan pelestarian seni budaya yang dikelola oleh sanggar seni yang ada di Pesisir Selatan, walaupun bantuan ini tidak dapat memenuhi kebutuhan sanggar secara keseluruhan, namun diharapkan sebagai bentuk dorongan dan dukungan untuk mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal," sebut Lisda Hendrajoni, Rabu, (29/7).

" Dengan penanaman nilai akan mendukung situasi yang kondusif, karena kegiatan sanggar yang mengedepankan nilai-nilai luhur sebagai warisan budaya leluhur yang terus dipertahankan," 

Kegiatan ini bisa meredam situasi dengan mengenalkan budaya yang dapat menginspirasi anggotanya yang berkarakter mulia," ujar Lisda dalam rangka serah terima bantuan penguatan kearifan lokal Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia, bertempat di kompleks sanggar seni San Alida Painan Kecamatan VI Jurai.

“Pentas seni ini bisa kembali membangkitkan semangat kerja dalam menjalani kehidupan karena kita tidak boleh hanyut terus dalam kepedihan, akibat dampak dari bencana Pandemi Covid 19 yang kita alami saat sekarang,” katanya.

Dia mengatakan, seni budaya yang mengakar dari tradisi leluhur adalah kunci suksesnya program-program pembangunan oleh pemerintah daerah.

“Pementasan seni ini akan mampu mempertegas jati diri, karakteristik daerah, dan masyarakat sekaligus berdaya guna dalam mendukung sektor pariwisata,” pungkasnya.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Hadi Susilo Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Zulfiyan Afrianto Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pesisir Selatan, serta pelaku seni budaya yang ada di Pesisir Selatan.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube