Headline News

header-int

Gope, Warga Lumpo Kecamatan IV Jurai Pessel, gunakan alat tradisional pedati mengunakan Kerbau untuk kebutuhan konsumen

Senin, 11 Januari 2021, 14:54:55 WIB - 69 | Kontributor : M. Joni, S.H
Gope, Warga Lumpo Kecamatan IV Jurai  Pessel,  gunakan alat tradisional pedati mengunakan Kerbau untuk kebutuhan  konsumen

Pesisir Selatan – Pada masa pandemi saat ini, berbagai  usaha dilakukan oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga,salah seorang warga Lumpo Kecamatan IV Jurai Pessel, Gope (53) aktifitas sehari-hari  menarik   pedati secara alat tranportasi membawa bahan bangunan berupa, pasir, batu dan Krikil( Sirtu) di daerah tersebut

Menurut Gope,keberadan  pedati sebagai alat transportasi nasional masih diminati oleh masyarakat dalam menggandeng  kendaraan di daerah tersebut. Tingginya animo tetap memilih pedati  untuk alat transportasi karena biayanya lebih murah dibandingkan mengunakan kendaraan,kata Gope

“ Bahan bangunan berupa Sirtu tersebut langsung  diambil  dari tepi sungai Batang Lumpo yang dikelola oleh masyarakat,  kemudian sirtu yang sudah  ditambang dari dalam sungai dibelinya untuk dipasarkan, terutama bagi mereka yang sedang mendirikan bahan bangunan di daerah tersebut,”

Ia mengatakan, usaha yang dilakoninya tersebut  cukup untuk memenuhi kebutuhan kehidupan keluarga,meskipun terpaksa bekerja keras,usai menarik   pedati  pada sorenya juga mencari rumput  untuk pakan  hewan peliharaannya agar kerbaunya tetap kuat dan sehat, tuturnya.

Sedangkan usaha menarik pedati  tersebut  dilakukannya sebagai pekerjaaan sampingan, bila adanya permintaan  konsumen untuk kebutuhan bahan bangunan. Selain itu, sebagai   usaha andalannya   mengarap  lahan  pertanian sawah dan  berkebunan dalam pertumbuhan  perekonomian  keluarga.

Wali nagari Ampuan Lumpo, Syahrial   mengakui, alat trandisional pedati di  wilayah kenagarian lumpo masih diminati oleh masyarakat sebagai alat transportasi,terutama untuk kebutuhan  bahan bangunan berupa, Sirtu  yang diambil dari sungai batang Lumpo yang ada di daerah tersebut, tuturnya ( mjoni 10)

 

 

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2021 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube