Headline News

header-int

Indeks Desa Membangun (IDM) Pesisir Selatan Membaik

Jumat, 12 Juni 2020, 13:28:00 WIB - 431 | Kontributor : Wempi Hardi. SH
Indeks Desa Membangun (IDM) Pesisir Selatan Membaik

Pesisir Selatan --- Indeks Desa Membangun (IDM) 182 nagari di Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2020 ini terus membaik jika dibanding tahun sebelumnya.

Hasil IDM 2020 jumlah nagari maju meningkat dari 28 nagari menjadi 33 walau status nagari mandiri tetap sama dari tahun 2019 yakni 7 nagari.

Kepala Dinas PMD PPKB Kabupaten Pesisir Selatan, Wendi mengungkapkan, nagari berkembang juga meningkat signifikan dari 117 nagari menjadi 132 nagari. Bahkan 1 nagari sangat tertinggal sudah keluar dan Alhamdulillah," ujarnya, Jumat, (12/6).

IDM ditetapkan setiap tahun oleh Kemendesa PDTT salah satunya, sebagai dasar perhitungan anggaran Dana Desa (DD) tahun berikutnya.

"Atas dasar itu juga keluar perhitungan afirmasi bagi nagari mandiri dan nagari maju" jelasnya.

Karena ada skema baru, jika sebelumnya nagari sangat tertinggal dapat afirmasi sehingga DD lebih besar, namun paradigma itu berubah nagari mandiri dan maju yang justru dapat lebih besar.

"Jika dulu malas keluar dari nagari sangat tertinggal, karena ada manfaat afirmasi, kini justru yang mandiri dan maju yang diapresiasi" tukuknya.

182 nagari di Kabupaten Pesisir Selatan terus melakukan berbagai gebrakan akan terus menjadi nagari mandiri dan maju.

Anggaran yang digelontorkan memang bertujuan untuk membangun nagari lebih mandiri maju sejahtera bagi seluruh warga.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube