Headline News

header-int

Inspirasi dari Lunang

Selasa, 26 Mar 2019, 13:49:28 WIB - 167 | Wendi
Inspirasi dari Lunang

Pesisir Selatan - Kemarin, Kecamatan Lunang didatangi Tim Penilai Layanan Publik dan Kompetisi Pelayanan Publik Sumatera Barat yang diketua Dr Dahnil Aswad, M.Si, dalam kapasitas mewakili unsur YLKI Sumbar. Prof. Dr. H Edi Hasjmi, Guru Besar UIN IB Padang utusan MUI Sumbar dan Sawir Pribadi dari unsur media, kebetulan jurnalis senior dari harian terkemuka Singgalang.

Kec. Lunang yang dipimpin, Mukhtar Is, SE mewakili Pesisir Selatan karena dinilai memiliki inovasi yang memudahkan pelayanan publik. Ada 11 inonasi salah satu yang menonjol disebut Buk Masyita akronim dari BPJS Kesehatan untuk Masyarakat Kita.

Sebelum layanan berbasis digital ini ada, masyarakat dengan susah payah harus berurusan ke Painan, karena layanan ini hanya ada dikantor BPJS Painan. Camat Mukhtar Is, dengan gelisah menceritakan persoalan ini kepada dinas terkait, Kominfo sebagai PD yang mengurusi layanan jaringan internet, dan BPJS yang mengotorisasi pelayanan.

"Secara ekonomis, layanan BPJS memberatkan masyarakat Lunang, karena saya hitung, biaya transportasi dan akomodasi tidak kurang 500 ribu" sebutnya.

Belum lagi kerugian waktu dan kesempatan bekerja, itu kalau selesai, kalau tidak mesti bolak balik lagi, tambah ongkos lagi. Kini, masyarakat menikmati layanan murah dan efesien, karena mereka cukup datang ke Kantor Camat Lunang, layanan bisa diproses, tidak lama kartu keluar.

Kok Bisa? bukankah BPJS punya aplikasi dan pasword khusus untuk itu.

"Saya bolak balik ke BPJS Painan untuk menyampaikan keluhan, akhirnya BPJS memberi pasword, dan ini yang pertama BPJS memberikan pasword ke luar institusi" ujar Camat terkekeh.

Hasil evaluasi BPJS Padang yang membawahi 5 kabupaten termasuk cabang BPJS Pessel, mengaku lonjakan mencapai ribuan persen.

"Sebelumnya hanya 11 peserta mandiri, terakhir sudah menjadi 899 orang peserta, diluar peserta wajib seperti PNS atau karyawan" ujar Ka BPJS Pessel, Santi.

BPJS mengapresiasi kerja camat yang telah membantu kerja BPJS.

"Jangan salah tidak membantu kerja BPJS, tetapi menolong masyarakat sehingga mudah mendapatkan layanan" ujar Mukhtar polos.

Lebih jauh ia mengatakan, kalaupun ada penilaian, kami tidak fokus pada itu. " Tanpa penilaianpun, itu sudah seharusnya tugas kami sebagai pelayan masyarakat, kalau ada yang menilai agar dapat memotivasi yang lain, tentu ini syukur-syukur" sebut serjana ekonomi ini.

Putra Tapan yang malang melintang didunia birokrasi ini juga beberapa kali diminta oleh BPJS untuk memberikan pengalaman best practise kepada aparatur baik tingkat Sumbar maupun regional Sumatera.

" Dalam waktu dekat saya akan memaparkan kerjasama pelayanan ini di Medan" tutupnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube