Headline News

header-int

Jawab Kebutuhan Tenaga Medis Non Bidan dan Perawat, Kemenkes Salurkan 50 TKN ke Pessel

Jumat, 10 Mei 2019, 11:57:47 WIB - 17 | Yoni Syafrizal
Jawab Kebutuhan Tenaga Medis Non Bidan dan Perawat, Kemenkes Salurkan 50 TKN ke Pessel

Pesisir Selatan - Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) akan menempatkan 50 orang Tenaga Kesehatan Nusantara (TKN) ke Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) tahun 2019.

Upaya itu untuk menjawab kebutuhan Kabupaten Pesisir Selatan terhadap kebutuhan tenaga kesehatan yang berasal dari non bidan dan non perawat, sebagai mana diusulkan sebelumnya.

Hal itu disampaikan Bupati Pessel, Hendrajoni dengan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Satria Wibawa Jumat (10/5).  

Dijelaskanya bahwa mereka itu akan ditempatkan pada Puskesmas yang masih kekurangan tenaga medis non bidan dan non perawat.  

"Melalui penempatan itu, sehingga kebutuhan Pessel terhadap petugas kesehatan yang berasal dari petugas non bidan dan non perawat akan terjawab. Sebab mereka itu terdiri dari dokter gigi, tenaga sanitasi, gizi, promkes, opoteker, asiste apoteker dan lainya," ungkap bupati.

Dijelaskanya bahwa untuk Pessel, bantuan kebutuhan tenaga kesehatan non bidan dan perawat melalui program TKNS itu sudah memasuki tahun ke dua.

"Namun di tahun ke dua ini jumlahnya jauh lebih meningkat, sebab tahun lalu hanya sebanyak 22 orang. Mereka yang berjumlah 50 orang itu nanti, sebanyak 9 orang ditempatkan di Puskesmas Airpura, dan 9 orang lagi di Puskesmas Rahul. Sedangkan sisanya akan ditempatkan pada Puskesmas lainya, sesuai dengan kebutuhan," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Satria Wibawa menambahkan bahwa penempatan Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat itu diawali dengan permasalahan yang mendesak, seperti angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi, angka gizi buruk, serta angka harapan hidup.

"Semua itu sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan primer. Makanya penguatan pelayanan kesehatan (Yankes) primer yang mencakup seperti pembenahan infrastruktur, pembenahan fasilitas, dan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui penguatan tenaga kesehatan perlu dilakukan," ungkapnya.   

Ditambahkan lagi bahwa Program Nusantara Sehat merupakan bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan tersebut.

" Program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) unutk menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan, termasuk juga di daerah ini," timpalnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube