Headline News

header-int

Kesadaran Masyarakat Melakukan Pembangunan Secara Berswadaya Sangat Diharapkan Selama Pandemi Covid-19

Selasa, 27 Oktober 2020, 09:31:18 WIB - 436 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Kesadaran Masyarakat Melakukan Pembangunan Secara Berswadaya Sangat Diharapkan Selama Pandemi Covid-19

Pesisir Selatan--Nagari sebagai pemerintahan terendah di masa pandemi Covid-19 ini diharapkan mampu memberikan dorongan dan memotivasi warganya agar mau melakukan pembangunan secara berswadaya.

Upaya itu bertujuan agar pembangunan secara maksimal di tengah keterbatasan kemampuan keuangan daerah sesuai potensi yang dimiliki oleh nagari bisa tercapai, termasuk juga di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMD P2KB) Pessel, Wendi, Selasa (27/10) di Painan.  

Dia berharap pemerintahan nagari daerah itu hendaknya terus menggerakan masyarakatnya untuk terus melakukan swadaya dalam pembangunan nagari.

"Swadaya masyarakat dalam masa pandemi Covid-19 ini sangat dibutuhkan dalam pembangunan nagari. Ini saya harapkan terkait dengan keterbatasan keuangan daerah, maupun nagari dalam memacu pembangunan karena tersedot untuk pemulihan kondisi," katanya.

Dijelaskannya bahwa pada beberapa nagari di daerah itu memang sudah mulai terlihat swadaya masyarakat dalam pembangunan telah muncul.

"Namun saya berharap kepada pemerintah nagari supaya lebih memacu lagi kesadaran berswadaya masyarakatnya. Caranya tentu dengan melakukan pendekatan, pembinaan dan sosialisasi," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa untuk tingkat kabupaten salah satu upaya yang sudah dilakukan untuk mendorong dan meningkatkan swadaya masyarakat adalah melalui kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM).

"Kegiatan BBGRM yang dilakukan setiap tahun di daerah ini, juga bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai gotong royong melalui peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan nagari," jelasnya.

Upaya pelestarian gotong royong dari sudut pandang kelembagaan adalah nilai gotong royong sebagai modal sosial dapat memberikan pengaruh pada tumbuh kembangnya lembaga sosial kemasyarakatan di tingkat pemerintahan lokal.

"Tujuan kegiatan tersebut adalah menumbuh kembangkan semangat kebersamaan dalam pembangunan, meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat pada penguatan integrasi sosial, optimalisasi gerakan pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan keluarga," terangnya.

Pihaknya juga mengapresiasi pemerintahan nagari yang mampu menggerakan potensi yang ada dalam pembangunan.

"Walau demikian saya tetap berharap kedepannya pembangunan itu bisa semakin ditingkatkan lagi. Baik pembangunan fisik, maupun pembangunan dalam bentuk pemberdayaan masyarakat," harapnya. (05)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube