Headline News

header-int

Ketua DPRD, Ermizen Tebar 25 Ribu Benih Ikan Nila Di Nagari Api-Api

Jumat, 28 Januari 2022, 15:19:57 WIB - 333 | Kontributor : Marlison
Ketua DPRD, Ermizen Tebar 25 Ribu Benih Ikan Nila Di Nagari Api-Api

Pesisir Selatan - Ketua DPRD Pesisir Selatan, Ermizen bersama Pemerintah Nagari Api-Api, Kecamatan Bayang  dan Kepala Dinas Perikanan, Firdaus menebar sebanyak 25 ribu benih ikan nila di Kolam Pemancingan Nila Merah Nagari Api-Api, Kamis (27/1).

Pada kesempatan itu Ermizen mengapresiasi keseriusan masyarakat dalam mengembangkan potensi perikanan darat yaitu ikan nila. "Semoga usaha budidaya ikan nila ini berhasil dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat Nagari Api-Api ke depan" harapnya.

Menurut Ermizen, selain potensi perikanan laut, Kabupaten Pesisir Selatan juga memiliki potensi budidaya perikanan darat. Akan tetapi, potensi budidaya perikanan darat belum tergarap maksimal.

Oleh karena itu, Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan diminta menggerakkan pengembangan potensi budidaya perikanan darat untuk peningkatan ekonomi masyarakat di masa mendatang. 

Di samping itu, Pesisir Selatan juga memiliki potensi untuk program mina padi yang mengintegrasikan tanaman padi dengan budidaya ikan air tawar. "Program mina padi sangat cocok dikembangkan di daerah ini, karena lahan pertanian yang cukup luas dan didukung oleh pengairan yang memadai," ujarnya. 

Sementara itu Kadis Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan, Firdaus mengatakan, sebanyak 25 ribu benih ikan nila itu berasal dari Pemkab Pesisir Selatan melalui Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan. 

"Kita memiliki Balai Benih Ikan (BBI) yang siap memberikan bantuan benih ikan kepada masyarakat. Pengembangan BBI tersebut sesuai dengan potensi daerah, terutama budidaya perikanan darat," jelasnya.

Ia mengungkapkan, pengembangan sektor perikanan sangat membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai dan SDM yang handal, sehingga potensi perikanan yang ada bisa dioptimalisasi secara maksimal.

Terkait hal itu, maka pemerintah daerah terus berupaya mencari bantuan berupa program dan kegiatan pengembangan sektor perikanan ke pusat yakni Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Di Kementerian Kelautan dan Perikanan sangat banyak program dan kegiatan sektor perikanan yang dapat dibawa ke daerah. tetapi tentu butuh kiat, sehingga bantuan dapat di bawa ke daerah," ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube