Headline News

header-int

Ketua TP PKK Pessel, Lisda Hendrajoni : Batik Mande Rubiah Asli Pessel Akan Segera di Lounching

Rabu, 26 Juni 2019, 15:43:21 WIB - 496 | Kontributor : Riko Candra
Ketua TP PKK Pessel, Lisda Hendrajoni : Batik Mande Rubiah Asli Pessel Akan Segera di Lounching

Painan,- Ketua TP PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni mengatakan dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan Lounching Batik Mande Rubiah Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan.

Hal ini dilakukan dalam upaya pengembangan batik asli Kabupaten Pesisir Selatan yang sekarang sudah mulai dikenali dan diminati oleh masyarakat, ungkap Lisda Hendrajoni, Selasa (25/6) di Painan.

" Dengan semakin dikenal dan di minati batik asli Pesisir Selatan oleh masyarakat, maka impian kita menjadikan Pesisir Selatan sebagai Sentra Batik Sumatera Barat akan semakin terwujud," ucap Lisda Hendrajoni. 

Lebih lanjut Lisda menambahkan Batik Mande Rubiah yang akan dilounching dalam waktu dekat ini memiliki motif-motif yang unik, dan tentunya sesuai dengan asli Kabupaten Pesisir Selatan.

" Batik Mande Rubiah ini, motifnya diambil dari ileminasi kitab kuno yang ada dimuseum mande rubiah Kecamatan Lunang," kata Lisda.

Untuk lebih meningkatkan pengembangan batik asli Pesisir Selatan,  maka kegiatan pelatihan menjahit dan juga membatik terus dilakukan, agar hasil produksi akan lebih banyak dan siap untuk dipasarkan.

Terakhir Lisda juga menjelaskan bahwa Pesisir Selatan saat ini selain dikenal dengan pariwisatanya, juga sudah dikenal dengan hasil Batiknya, saat ini sudah tiga Kecamatan yang sudah mengembangkan batik asli Pesisir Selatan yakni Kecamatan IV Jurai, Kecamatan Bayang Utara dan Kecamatan Lunang. 09

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube