Headline News

header-int

Komunitas Kuliner Pessel Gelar Even Pasar Kuliner Setiap Rabu

Senin, 11 Oktober 2021, 13:09:41 WIB - 521 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Komunitas Kuliner Pessel Gelar Even Pasar Kuliner Setiap Rabu

Pesisir Selatan -- Wisata kuliner menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung ketika mendatangi kawasan wisata,oleh karena itu promosi harus selalu ditingkatkan oleh pelaku usaha kuliner . Sebab dampak yang dirasakan sangat besar dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat .

Untuk itulah Komunitas Kuliner Pessel mengadakan even kuliner dengan tema "Pasisia Night Culinary " setiap hari Rabu di Taman Sipora Painan. Dimana tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan kuliner Pessel juga untuk meningkatkan pendapatan pelaku usaha kuliner yang ada. 

Ketua Komunitas Kuliner Erviela Desarta, S.Sn Senin (11/10) mengungkapkan kegiatan Kuliner malam ini sudah ke 3 kali diadakan,Awalnya di depan rumah dinas Bupati dan sekarang di Taman Kota. Dimana pada kegiatan ini selain untuk menambah daya tarik kota Painan untuk wisatawan agar bisa berkunjung dan menginap di Pessel juga meningkatkan pendapatan pelaku usaha kuliner Pessel.

"Pada kegiatan ini pengunjung juga disuguhi makanan khas Pessel juga hiburan musik.Dan Alhamdulilah selama kegiatan pendapatan pelaku usaha meningkat penjualannya," ujarnya

Sementara ituKepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel Hadi Susilo mengparesiasi gebrakan yang telah dibuat oleh Komunitas Kuliner Pessel dengan membuat even kuliner setiap Minggunya dari sore hingga Malam. Ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung dan menginap di Pessel. 

Menurutnya kunjungan wisatawan setiap tahun selalu meningkat ,namun selama ini wisatawan hanya disuguhi makanan biasa ,padahal potensi  banyak yang bisa diolah menjadi aneka makanan.  Dan kemasan makanan yang disajikan kepada wisatawan tidak terlihat cantik. Padahal jika dikemas lebih baik menambah daya tarik dan meningkatkan harga makanan. 

"Dinas selalu memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha kuliner dengan tujuan agar mampu meningkatkan ekonomi dengan meningkatnya penjualan," ujarnya 

Hadi menerangkan salah makanan khas Pessel adalah rendang lokan,gulai ikan karang,gulai pisang dan lainnya yang mwrupakan makanan khas dari Pesisir Selatan.

"Karena itu kita mengajak seluruh masyarakat, pelaku usaha kuliner di Pessel ikut mempromosikan keberadaan wisata kuliner, dengan produk pangan lokal yang ada di wilayanya.Banyak kuliner khas Pessel seperti pinungkuk,palai,rendang lokan dan lainnya," ujarnya 

Selain Pariwisata, kuliner Pessel mempunyai daya tarik tersendiri, karena ada wisata kuliner yang khas disetiap daerahnya untuk itu perlulah didukung bersama promosi sehingga dikenal luas," ujarnya  

Menurutnya  ribuaan wisatawan berkunjung ke Pessel dan mereka pasti akan menghabiskan uangnya untuk belanja, oleh sebab itu perlu inovasi dari pelaku usaha dalam meningkatkan daya jual mereka dengan rasa dan harga yang sesuai. 

"Sedangkan upaya pemerintah Daerah Kabupaten Pessel dalam mengenalkan pariwisata di Pessel termasuk promosi kuliner  terus dilakukan, baik melalui promosi media masa, iven-iven pariwisata maupun iven perlombaan. Karena itu masyarakat dan pelaku usaha kecil juga penting ikut mempromosikan pariwisata,”ujarnya.(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube