Headline News

header-int

LAHAN PERTANIAN DI KAMBANG TIMUR TIDAK BISA DIOLAH AKIBAT IRIGASI RUSAK

, 17 Januari 2013, 20:21:00 WIB - 391 | Kontributor : Yusril Budidarma, A.Md

Painan, Januari  2013


Sekitar 1.300 hektar lahan pertanian sawah masyarakat yang terletak di Nagari (desa) Kambang Timur Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan tidak bisa diolah secara maksimal karena rusaknya bendungan irigasi untuk mengairi lahan tersebut.

Walinagari (Kepala Desa) Kambang Utara, Darmali di Painan kemarin mengatakan, kerusakan bendungan irigasi itu sudah terjadi sejak enam tahun lalu akibat terjangan banjir pada tahun 2006.

Masyarakat yang menggantungkan hidupnya sebagai petani pada lahan tersebut mencapai 3.500 kepala keluarga (KK) atau 15.000 jiwa. Sebagian kecil dari luas lahan yang berubah menjadi lahan tadah hujan itu sudah dimanfaatkan untuk menanam berbagai tanaman palawija oleh pemiliknya, namun hasil yang didapat kurang memuaskan untuk perekonomiannya.

"Saat ini sudah ada dari lahan yang terlantar itu dimanfaatkan untuk bercocok tanam berbagai tanaman palawija oleh pemiliknya, namun hanya beberapa hektar saja, " kata ia.
Menurut ia, dari luasan lahan yang terlantar itu hanya sekitar dua persen saja yang diolah kembali, selebihnya masih terlantar karena hasil yang didapat dari usaha pertanian itu tidak maksimal dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga pengolahnya.

Ia kuatir, jika kondisi itu dibiarkan berlarut larut tentu akan membuat perekonomian masyarakat setempat menjadi terpuruk, karena sebagian besar matapencaharian masyarakat di daerah itu sebagai petani sawah.(04

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube