Headline News

header-int

Lewat Video Conference Bupati Sampaikan LKPj Tahun 2019

Rabu, 20 Mei 2020, 10:58:21 WIB - 30 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Lewat Video Conference Bupati Sampaikan LKPj Tahun 2019

Pesisir Selatan --- Bupati Pesisir Selatan, H.Hendrajoni, menggelar video conference terkait laporan keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) tahun 2019, terhadap  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Pesisir Selatan, Rabu (20/5).

Kegiatan yang diselenggarakan di ruang Command Centre Dinas Komunikasi dan Informatika Gedung Painan Convention Centre (PCC) itu, juga dihadiri Sekda, Erizon, dan sejumlah pejabat eselon dua, dilingkungan pemerintah daerah setempat.

Dalam kesempatan itu, bupati juga menjelaskan bahwa hingga saat ini tidak ada penambahan positif Covid-19 di daerah itu.

"Saat ini pemerintah daerah bersama Forkopimda telah melaksanakan sosialisa imbauan, dan penegakan aturan di masyarakat. Kita juga sudah melakukan penyaluran BLT kepada masyarakat yang terdampak. Baik yang bersumber dari pusat, provinsi, kabupaten, maupun nagari sebesar Rp 600 ribu perbulan," katanya.

Terkait pelaksanaan LJPj yang berbeda dari tahun sebelumnya karena pengaruh Covid-19, tidak akan mengurangi makna dan tujuan.

Dia juga menyampaikan bahwa pemerintah daerah dituntut mempermudah akses data untuk kepentingan publik, dan itu mendapat perhatian yang besar oleh pihaknya saat ini.

Dikatakannya juga bahwa target pendapatan daerah tahun 2019 sebesar Rp1.772.702.595.258, dari jumlah itu terealisasi sebesar Rp1.699.225.213.425,43.

"Untuk keberhasilan kinerja pembangunan yang diselenggarakan, dapat dilihat dari berbagai capaian indikator makro pembangunan daerah. Dan itu sesuai dengan penyajian data yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019, yang terlihat kecendrungan baik dan positif. PDRB tahun 2019 mencapai 4,81 persen, dan tetap berada di atas standar rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional dan Sumbar," jelasnya.

Bupati Hendrajoni, juga menjelaskan dalam kesempatan itu bahwa Pesisir Selatan juga secara berturut-turut meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebagai anugerah tertinggi dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI).

"Pemerintah daerah Pesisir Selatan juga bertahan pada nilai SAKIP B yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Artinya oemerintah daerah sudah efektif dan efisien dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan serta evaluasi dan tata kelola keuangan daerah," jelasnya.

Berdasarkan berbagai capaian itu, singga dia juga menyampaikan ucapan terima kasih terhadap dukungan dari semua pihak, khususnya kepada seluruh anggota DPRD Pesisir Selatan. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube