Headline News

header-int

Masyarakat Kumpulan Banang Nagari Pasar Bukit Air Haji Harapkan Peningkatan Jalan Usaha Tani

Selasa, 12 Januari 2021, 13:41:45 WIB - 33 | Kontributor : Wempi Hardi, S.H
Masyarakat Kumpulan Banang Nagari Pasar Bukit Air Haji Harapkan Peningkatan Jalan Usaha Tani

Pesisir Selatan --- Sejumlah masyarakat, khususnya para Petani yang ada di Kampung Kumpulan Banang, Nagari Pasar Bukit Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Pesisir Selatan, mengharapkan adanya peningkatan Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang kurang lebih 0,5 Kilometer (Km).

Pasalnya, saat ini kondisi jalan tersebut sudah mengalami kerusakan. Padahal jalan itu merupakan urat nadi mereka untuk mengangkut hasil panen dari areal perkebunan setempat.

terlihat kondisi jalan menuju areal perkebunan masih berupa jalan tanah dan sudah mengalami kerusakan. Bahkan, sebagai besar badan jalan sudah tertutup rumput.

Kondisi jalan yang seperti itu membuat para petani menjadi kesulitan dalam mengeluarkan hasil buminya. Terlebih, jika di musim penghujan. Sebab, kondisi jalan yang belum dilakukan pengerasan tersebut akan menjadi licin dan sulit untuk diewati.

“ Kalau diguyur hujan jalan ini jadi licin sehingga membuat kami kesulitan saat akan mengeluarkan hasil bumi. Kami berharap kondisi jalan ini bisa lebih diperhatikan secara serius oleh pemerintah,” kata Asmadi Indra, Ketua kelompok Tani Harapan Baru, kepada pesisirselatan.go.id, Selasa (12/01).

Asmadi berharap agar Pemerintah melalui Dinas Pertanian Kabupaten Pesisir Selatan dapat memberikan bantuan pengerasan jalan sehingga masyarakat tidak kesulitan lagi mengeluarkan hasil tani mereka.

Sementara itu, Kepala Kampung Kumpulan Banang, Haliman mengaku sudah sering mengupayakan agar jalan tersebut dapat dibangun yakni dengan menyampaikan usulan pada saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) ditingkat Nagari Maupun tingkat Kecamatan.

Ia berharap agar jalan usaha tani tersebut dapat dilakukan peningkatan. Sebab, jika tidak dilakukan peningkatan dikhawatirkan kerusakan jalan akan semakin parah dan dapat menghambat petani dalam mengeluarkan hasil buminya.

“ Ya, saya berharap agar jalan usaha tani ini bisa segera terealisasi. Karena Peningkatan Jalan Usaha Tani merupakan program pemerintah daerah yang harus kita gencarkan secara bersama,” pungkasnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2021 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube