Headline News

header-int

Melahirkan Penghafal Al-Qur\'an Kepada Peserta didik di SMP Negeri 1 Bayang

Rabu, 12 Januari 2022, 20:09:44 WIB - 279 | Kontributor : Milhendra Wandi
Melahirkan Penghafal Al-Qur\

Pesisir Selatan - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan memprogram kan untuk melahirkan penghafalan Al-Quran kepada peserta didik di sekolah itu.

Kepala SMPN 1 Bayang, Nasirwan mengatakan pembelajaran tahfiz qur'an itu salah satu kebijakan dari sekolah untuk melahirkan siswa - siswanya penghafal alquran juz 30 serta dapat memunculkan juga wisuda tahfiz pada peserta didik di sekolah tersebut.

"Pelajaran tahfidz di sekolah ini dari kelas VII, VIII dan X, kita ambil waktu selama satu jam. Karena ini adalah kebijaksanaan sekolah dan juga dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan sehingga nantinya dapat melahirkan siswa penghafal alquran," kata dia, Rabu (12/1). 

Sekolah tersebut memiliki siswa sebanyak 218 orang, dan 44 orang tenaga pendidik. 

Nasirwan melanjutkan, dengan adanya pembelajaran tahfidz quran itu, ia mengharapkan siswa dan siswi mempunyai bekal hafalan juz 30. Sehingga di saat lulus nanti pada siswa untuk bisa diteruskan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.

"Kita dari pihak sekolah menargetkan minimal 15 orang siswa untuk wisuda tahfidz dan bagi siswa yang mampu menghafal juz 30 nanti kita berikan reword,"ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menyisihkan waktu selama satu jam diluar proses belajar mengajar kepada siswa untuk mengikuti Teknologi Informatika dan Komputer (TIK).

"Semua siswa juga mengikuti Teknologi Informatika dan Komputer yang kita adakan diluar proses belajar mengajar berlangsung yang kita ambil selama satu jam," katanya. 

Disamping itu, kata dia, juga menyisihkan waktu kepada seluruh siswa untuk melaksanakan sholat berjemaah di sekolah itu. Hal itu guna mengantisipasi kenakalan sehingga peserta didik tidak ber keluyuran ke luar sekolah.

Nasirwan menambahkan, selain memprogramkan pada bidang ke agamaan namun juga bergerak dibidang  ektrakurikuler yaitu mengaktifkan kembali kegiatan Drumben di sekolah itu yang sempat Vakum selama empat tahun ini. Kegiatan itu akan dibina langsung dengan mendatangkan guru dari luar dan juga dibantu dari tenaga pendidik setempat. 

"Kita akan mengaktifkan kembali Drumben yang sempat vacum selama empat tahun ini. Dan kita menargetkan di acara 17 Agustus nanti siswa kita dapat menghibur masyarakat di sepanjang jalan," tutupnya. 

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube