Headline News

header-int

Mina Padi Membawa Dampak Ekonomi

Senin, 09 September 2019, 20:27:01 WIB - 443 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Mina Padi Membawa Dampak Ekonomi

Pesisir Selatan -- Wali nagari Taratak Tangah Deweel Colivetra, Senin (9/9) mengatakan, budidaya ikan bersama padi di sawah akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat,pasalnya masyarakat bisa melakukan panen ganda yaitu,panen padi dan panen ikan.

Menurutnya,usaha  budidaya ikan dalam padi sawah ini cukup memiliki prosfek cerah dalam membangkitkan ekonomi keluarga,selama ini petani hanya mengandalkan hasil produksi padi,kini masyarakat juga bisa menikmati hasil panen ikan,ulasnya

Kondisi saat ini harga ikan cukup mengairahkan di pasaran  berkisar Rp20 ribu sampai Rp30 ribu  per kg,sedangkan pemasaran sangat diminati oleh konsumen untuk  komsumsi keluarga, apalagi harga sangat terjangkau bagi keluarga ekonomi menengah kebawah.

Budidaya mina padi salah satu upaya untuk  menghidupkan ekonomi keluarga,keberhasilan petani sangat tergantung  dengan  kondisi lahan,bila  lahannya potensil tentu pertumbuhan dan perkembangan ikan akan cepat besar, bahkan dalam 3 bulan sudah bisa dilakukan panen dengan hasil yang dapat dibanggakan.

Sebelumnya penerapan sistim pola mina padi di daerah setempat,usaha mina padi ini telah dilakukan uji coba dengan areal seluas 1 hektar dengan hasil produksi cukup mengembirakan, kemudian usai panen padi mendatang masyarakat akan melanjutkan usaha mina padi secara serentak dehgan lahan terpisah dengan menebarkan bibit ikan gurami, nila dan majalaya,kata Deweel kepda koran ini

Mengakui,usaha mina padi ini  cukup tinggi minat masyarakat, namun yang menjadi kedala bagi sebagian petani tentang modal usaha untuk biaya pengelolaannya, apalagi usaha mina padi membutuhkan penanganan yang serius oleh petani seperti, pemberian pakan ikan yang cukup agar pertumbuhannya cepat besar

Masyarakat bertekat usaha mina memberi harapan usaha  salah satu upaya dapat membangkitkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube