Headline News

header-int

Panwaslu Tunggu Perbup Tertibkan Baliho

, 20 Mei 2010, 00:00:00 WIB - 633 | Kontributor :

 

Painan, Mei

Panitia Pengawas Pemilu Kepala Daerah (Panwaslukada) Kabupaten Pesisir Selatan belum berani bertindak melakukan penertiban berbagai alat peraga calon kepala daerah dan wakil Kepala Daerah. Meski baliho, spanduk dan alat peraga lainnya masih terpajang diberbagai tempat, namun Peraturan Bupati (Perbup) tentang penertiban tersebut belum lagi terbit di Kabupaten itu.  

 

"Kita masih menunggu Perbup untuk tertipkan Baliho, spanduk dan alat peraga lainnya calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah ini. Jadwal pelaksanaan kampanye masih 23 hari lagi dari sekarang. Sementara pemilihan 30 Juni mendatang," ungkap Koordinator Divisi Hukum dan Pelanggaran Panwaslu kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Bustanul Arifin kepada pesisirselatan.go.id di Painan Kamis (19/5).

 

Sampai kini berbagai alat peraga kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan bertarung 30 Juni mendatang masih saja terpasang diberbagai tempat di Pessel, mulai stiker, spanduk dan lainnya. Namun, Panwaslu setempat belum bisa bertindak untuk menertibkan, karena ada aturan yang belum dilahirkan tentang itu yakni Perbup. Aturan itulah yang belum terbit.

 

Sesuai tahapan Pemilukada, jadwal kampanye bagi semua calon akan dimulai 13 Juni mendatang. Kewenangan izin lokasi yang dibolehkan untuk penempatan alat peraga kampanye itu, memang tidak perlu melalui Perda, karena sudah diatur oleh Undang-Undang (UU), hanya saja bupati punya kewenangan melahirkan Peraturan (Perbup).

 

Secara lisan dan tertulis pihak Panwaslu telah memberitahukan kepada pihak pemerintah daerah, namun hingga kini belum ada balasannya.

 

"Panwas belum bisa berbuat banyak, sebab payung hukum yang bisa dijadikan sebagai dasar dalam penertiban  belum ada. Dari itu, kita berharap agar dalam waktu dekat ini bupati Pesisir Selatan (Pessel) dapat melahirkan Perbub yang berkaitan dengan penertiban Baliho atau alat peraga kampanye ini," tutupnya.(04)

  

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube