Headline News

header-int

Pasca Lebaran Kebutuhan Bahan Pokok Mencukupi di Pessel

Senin, 10 Jun 2019, 09:09:27 WIB - 74 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Pasca Lebaran Kebutuhan Bahan Pokok Mencukupi di Pessel

Pesisir Selatan--Guna mengantisipasi kelangkaan kebutuhan bahan pokok dan lonjakan harga pasca lebaran, pemerintah daerah kabupaten (Pemdakab) Pesisir Selatan (Pessel) terus melakukan pemantauan pasar.

Bupati Pessel, Hendrajoni mengatakan Senin (10/6) bahwa pihaknya melalui petugas Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan serta terkait lainya terus melakukan pemantauan terhadap berbagai kebutuhan bahan pokok di daerah itu selama lebaran.

"Pemantauan ketersedian bahan pokok ini bertujuan agar pemerintah daerah melalui bulog bisa melakukan tindakan cepat, bila ditemui terjadi kelangkaan berbagai kebutuhan bahan pokok di masyarakat supaya tidak berdampak terhadap lonjakan harga," katanya.

Dijelaskanya bahwa antisipasi terhadap lonjakan harga itu, juga sudah dilakukan tujuh hari menjelang hari raya di daerah itu, khususnya di Kota Painan. Salah satu bentuk yang sudah dilakukan adalah menggelar pasar murah terhadap berbagai kebutuhan pokok pada beberapa titik.  

"Pasar murah menjual berbagai kebutuhan pokok ini, digelar selama sepekan sebelum hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah pada beberapa titik, termasuk juga di rumah dinas bupati di Kota Painan. Bila kekuatiran terhadap kelangkaan kebutuhan pokok dan melonjaknya harga pasar terjadi pasca lebaran, tidak tertutup kemungkinan pasar murah ini kembali digelar. Tapi hingga saat ini berbagai kebutuhan pokok terpantau masih dalam kondisi normal dan mencukupi," ungkapnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pangan Pessel, Alfis Basyir ketika dihubungi juga menjelaskan bahwa selain pemantauan pasar dan operasi pasar murah, pihaknya dari jauh hari juga telah melakukan motivasi kepada masyarakat melalui pemerintahan nagari (Pemnag) untuk  memperbanyak Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) dan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM).

"Karena dengan berfungsinya LPM dan LDPM sebagai mana diharapkan, maka hasil panen dalam daerah, terutama beras tetap tersedia. Disaat terjadi lonjakan harga akibat menipisnya stok pangan, masyarakat Pessel tidak lagi kuatir, karena stok masih tersedia pada LPM dan LDPM yang ada itu,"  ucapnya.

Ditambahkanya bahwa pasar-pasar tradisional yang terdapat di daerah itu selama lebaran tetap melakukan aktifitas sebagaimana biasanya.

Bahkan bila dibandingkan dengan  hari-hari biasa, memang terjadi lonjankan kunjungan. Sebab yang menyerbu pasar-pasar tradisional itu juga berasal dari para perantau.

"Kondisi itu jelas akan memberikan keuntungan yang besar bagi masyarakat secara ekonomi, terutama sekali bagi pedagang pasar.

"Agar kebutuhan pokok disemua pasar-pasar tradisional di daerah ini tetap terjamin, makanya petugas pemantau kita siagakan pada semua pasar tradisional yang ada," ujarnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube