Headline News

header-int

Pemerintahan Nagari Api-api Pasar Baru Kecamatan Bayang, Cairkan BLT Dana Desa Tahap Pertama

Senin, 25 Mei 2020, 19:35:32 WIB - 241 | Kontributor : Wempi Hardi. SH
Pemerintahan Nagari Api-api Pasar Baru Kecamatan Bayang, Cairkan BLT Dana Desa Tahap Pertama

Pesisir Selatan, - Pemerintah Nagari Api-api Pasar Baru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selata mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahap pertama sebanyak 166 kepala keluarga masing-masing sebesar Rp.600.000. (enam ratus ribu rupiah).

Pencairan BLT tersebut berlangsung lancar dan tertib dilaksanakan sesuai protokol Covid-19 dengan memakai masker dan menjaga jarak. Bantuan diserahkan Pemerintah Nagari, juga didampingi oleh Camat, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan pendamping desa di kantor Walinagari setempat.

"Pencairan  BLT itu sudah lama dinantikan warga dan hari ini sudah dicairkan tahap pertama kepada sebanyak 166 kepala keluarga (KK) masing-masing Rp.600.000" ujar Walinagari Api-api Pasar Baru Kecamatan Bayang AziYul Nafri. jumat, (22/5).

BLT dana desa diberikan kepada warga kurang mampu yang selama ini tidak mendapat bantuan dari program pemerintah kemudian bantuan itu juga diberikan kepada warga kurang mampu yang kehilangan pekerjaan akibat dampak Covid-19, Serta kepada warga yang rentan karena penyakit kronis,  agar penerima bantuan tidak tumpang tindih pendataan dilakukan dengan cermat oleh relawan desa, dan hasil pendataan tersebut dimusyawarahkan didesa sehingga bantuan itu tidak salah sasaran. ujar Walinagari.

Sementara, Camat Kecamatan Bayang Ilham Rahmatsyah Putra menyebutkan, Penerima BLT dana desa adalah warga yang selama ini tidak mendapat bantuan dari program pemerintah, jadi keluarga penerima bantuan program keluarga harapan (PKH) dan program sembako dari kementerian sosial tidak termasuk sebagai penerima bantuan tersebut" sebut Camat.

Bantuan itu dicairkan untuk meningkatkan daya beli masyarakat khususnya warga kurang mampu yang terdampak Covid-19 apalagi saat ini sudah menjelang lebaran kebutuhan rumah tangga akan meningkat dari biasanya sehingga diharapkan dengan adanya bantuan tersebut para keluarga penerima manfaat (KPM) bisa merayakan Idul Fitri dengan suka cita.

Setelah pencairan pertama dibulan Mei ini selanjutnya BLT dana desa tahap kedua dan tahap ketiga kita menunggu petunjuk berikutnya. jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube