Headline News

header-int

Pemkab Pessel Bersama TTIC Dinas Pangan Sumbar Gelar Operasi Pasar

Kamis, 16 Mei 2019, 13:40:11 WIB - 20 | Yoni Syafrizal
Pemkab Pessel Bersama TTIC Dinas Pangan Sumbar Gelar Operasi Pasar

Pesisir Selatan--Pemerintah daerah kabupaten (Pemdakab) Pesisir Selatan (Pessel) melalui kerjasama Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Dinas Pangan Sumatera Barat (Sumbar) melakukan oparasi pasar murah di Pasar Inpres Painan, Kamis (16/5).

Oparasi pasar dengan menyediakan sembilan kebutuhan pokok (Sembako) itu bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketersediaan pangan yang akan dikonsumsi oleh masyarakat selama bulan ramadahan.

Bupati Pessel, Hendrajoni dengan didampingi kepala Dinas Pangan Pessel, Alfis Basir mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya menjaga ketersediaan dan keamanan semua kebutuhan pangan masyarakat di daerah itu.

" Upaya itu tidak saja dilakukan melalui pemantauan ketersediaan pangan, tapi juga melalui operasi pasar murah, serta pemeriksaan terhadap pangan yang akan dikonsumsi oleh masyarakat. Sebab tingginya kebutuhan masyarakat terhadap makanan, sangat memungkinkan ada oknum pelaku usaha yang berbuat curang demi mendapatkan keuntungan besar," katanya.

Berdasarkan kondisi itu, sehingga pihaknya pada saat-saat tertentu, terutama sekali setiap bulan ramadhan dan menjelang hari Raya Idul Fitri, selalu melakukan operasi pasar.

" Operasi pasar ini juga disejalankan dengan juga pemantauan terhadap keamanan pangan yang akan dikonsumsi masyarakat, terutama makanan pabukoan," jelasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pangan Pessel, Alfis Basir menjelaskan bahwa ketersediaan pangan bagi masyarakat sudah menjadi sebuah kewajiban oleh pemerintah.

" Sebab dengan tersedianya pangan, berdampak positif terhadap pengendalian harga, disamping juga kemanan terhadap pangan yang akan dikonsumsi tersebut," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa kegiatan pemantauan dan pemeriksaan terhadap makanan pabukoan sebagai mana dilakukan di Pasar Inpres Painan itu, dipimpin oleh Asisten II Mimi Riarti Zainul, dengan didampingi  staf ahli bupati bidang kemasyarakatan dan dan Sumber Daya Manusia, Rusdianto, Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Agustina Rahmadani, serta Kabid Ketersediaan dan Keamanan Pangan, Afriman Julta.  

Kegiatan tersebut juga melibatkan Tim Terpadu Keamanan Pangan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) yang terdiri dari Dinas Pangan, Dinas Perikanan, Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Perdagangan, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Dinas Kesehatan, Dinas Pol PP dan Damkar, serta dari Polres Pessel.

Dia menambahkan bahwa dalam melakukan operasi pasar sembilan bahan pokok, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pangan Sumbar, dengan menggunakan mobil operasional Tokoh Tani Indonesia Center (TTIC).

" Kerjasama dengan TTIC Dinas Pangan Sumbar ini bertujuan untuk menstabilkan harga beberapa kebutuhan pokok yang saat ini mengalami lonjakan yang cukup tinggi, seperti halnya bawang putih," ujarnya.

Melalui oparasi pasar yang digelar melalui kerjasama TTIC Dinas Pangan Sumbar itu, bawang putih dijual dengan harga Rp 32 ribu per kilogram. Harga tersebut sangat membantu, sebab di Pasar Inpres Painan, harga bawang putih masih bertengger pada angka Rp 70 ribu perkilogram.  

" Melalui operasi pasar ini, harga minyak goreng jenis Sari Murni ukuran 2 kilogram dijual seharga Rp 21 ribu, bawang merah Rp 26 ribu, kentang Rp 8 ribu, cabai merah Rp 23 ribu, gula jenis rose brand Rp 13 ribu, kacang tanah Rp 24 ribu, petai jengkol Rp 2.500, dan beras Rp 8.800 pula per kilogramnya," terang Alfis.

Ditambahkanya bahwa selain operasi pasar, pihaknya juga melakukan pemeriksaan terhadap keamanan pangan melalui kerjasama Balai Besar Pemeriksaan Obat dan Makanan (BBPOM) Sumbar. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube