Headline News

header-int

Pemkab Pessel Dorong Semua Pasar Rakyat Agar Kantongi Sertifikat Lahan

Rabu, 11 Sep 2019, 11:22:37 WIB - 14 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Pemkab Pessel Dorong Semua Pasar Rakyat Agar Kantongi Sertifikat Lahan

Pesisir Selatan--Hingga saat ini sebagian besar status lahan pasar rakyat milik daerah di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) masih dalam bentuk surat hibah. Agar tidak terbentur atau terkendala dalam melakukan pengembangan, maka status hibah tersebut perlu ditingkatkan menjadi sertifikat.

Wakil Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar mengatakan Rabu (11/9) bahwa berdasarkan data yang dimilikinya, dari 14 unit pasar rakyat  milik kabupaten di daerah itu, yang status tanahnya sudah bersertifikat atas nama milik daerah baru sebanyak 2 unit pasar.

"Dua unit pasar kabupaten yang sudah dikantongi sertifikat oleh pemerintah kabupaten (Pemkab) itu adalah Pasar Koto Barapak di Kecamatan Bayang, dan Pasar Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan," ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa dalam melakukan pengembangan dan pembangunan terhadap 12 unit pasar kabupaten lainnya itu, pihaknya memang tidak mengalami keterkendalaan.  

"Sebab 12 unit pasar lainnya itu, semuanya sudah memiliki surat hibah dari sipemilik. Baik hibah dari kaum, maupun hibah dari perorangan," jelasnya.

Walau demikian, pihaknya tetap memberikan dorongan kepada para walinagari dan camat tempat berdirinya pasar kabupaten tersebut agar melakukan proses pengurusan sertifikat.

"Harapan itu saya sampaikan, sebab dokumen dalam bentuk sertifikat memiliki kekuatan hukum yang lebih tinggi. Melalui kepemilikan sertifikat itu, maka pemerintah akan semakin leluasa pula dalam melakukan pengembangan, tanpa ada kekuatiran terhadap gugatan dan lainnya," jelas Azral lagi.

Disampaikanya bahwa 12 unit pasar kabupaten yang hanya mengantongi surat hibah itu diantaranya, Pasar Tarusan, Basar lumpo, Pasar Sago, Pasar Painan, Pasar Kuok, Pasar Surantiah, Pasar Kambang, Pasar Laikitan, Pasar Balaiselasa, Pasar Airhaji, Pasar Sungaitunu, dan Pasar Tapan.

"Sebagai kekuatan ekonomi masyarakat di daerah, tentu kita berharap 12 unit pasar itu,  bisa dilakukan pengembanganya lebih maksimal," tutupnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube