Headline News

header-int

Pessel Kembali Peroleh Bantuan Pembangunan 30 Unit Rumah Nelayan Dari Kementerian PUPR

Kamis, 31 Jan 2019, 11:58:14 WIB - 139 | MARLISON

PESISIR SELATAN, 31/1/2019-Kabupaten Pesisir Selatan kembali memperoleh bantuan pembangunan 30 unit rumah nelayan di Kecamatan Koto XI Tarusan dan rehab rumah tangga miskin sebanyak 1.500 unit yang tersebar di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan dari Kementerian PUPR 2019. Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Tata Ruang, Permukiman dan Pertanahan Pesisir Selatan, Mukhridal, Kamis (31/1).

Sedangkan pada tahun 2018 lalu, Kabupaten Pesisir Selatan memperoleh bantuan pembangunan sebanyak 50 unit rumah nelayan juga di Kecamatan Koto XI Tarusan.

Sementara khusus kegiatan rehab rumah tangga miskin, awalnya diusulkan sebanyak 2.500 unit ke Kementerian PUPR. "Alhamdulillah kita dapat bantuan kegiatan rehab rumah tangga miskin itu sebanyak 1.500 unit tahun 2019 ini," ungkapnya.

Disebutkan, bantuan rehab rumah tangga miskin itu digulirkan bertahap. Untuk tahap pertama sebanyak 1000 unit, dan tahap kedua sebanyak 500 unit yang tersebar pada 15 kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan.

Lebih lanjut dikatakan, salah satu tugas pemerintah adalah mewujudkan kesejahteraan bagi rakyat. Hal itu meliputi pemenuhan kebutuhan pangan, sandang dan perumahan yang menjadi kebutuhan primer, dan semestinya tidak boleh alpa.

Akan tetapi, di tengah keterbatasan sumberdaya dan dana, secara bertahap kesejahteraan itu dihadirkan. Mayoritas nelayan dan masyarakat miskin di daerah ini memang butuh uluran tangan dan bimbingan oleh pemerintah.

"Pelan tapi pasti, tangan itu dibimbing, disamping 'ikan' pemerintah juga memberi 'kail' sebagai upaya pemberdayaan. Di sisi lain, masyarakat nelayan juga diberikan program pembangunan rumah layak huni, kamar representatif, drainase dan jalan rabat beton," terangnya.

Ia menambahkan, pemkab terus berupaya menggaet berbagai program pembangunan dari pusat ke daerah ini. Antara lain, program pembangunan rumah layak huni bagi nelayan dan masyarakat miskin, pengembangan sektor pertanian, perkebunan, pariwisata dan lainnya.

"Program itu memiliki pengaruh secara langsung terhadap masyarakat. Kita ingin masyarakat Pesisir Selatan sejahtera, dan meningkatkan ekonominya. Kita terus berjuang agar berbagai program yang ada dipusat bisa dibawa ke daerah ini," ucapnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube