Headline News

header-int

Pessel Targetkan Semua Pasar Rakyat Memiliki SNI

Jumat, 06 Juli 2018, 10:00:16 WIB - 339 | Kontributor : Yoni Syafrizal

PESISIR SELATAN, 6 Juli 2018--Guna menjawab kebutuhan masyarakat serta untuk meningkatkan kenyamanan dalam melakukan transaksi, pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) targetkan semua pasar rakyat di daerah itu memenuhi Satndar Nasional Indonesia. Agar harapan itu tercapai, sehingga Pemda Pessel melalui Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Pessel, lakukkan pembangunan pasar baru dan revitalisasi pasar secara bertahap. Upaya itu juga dilakukan di tahun 2018 ini melalui pembangunan pasar baru dan revitalisasi terhadap tujuh unit pasar.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Pessel, Azral dengan didampingi Kepala Seksi Bina Pasar, Hendro Kurniawan Jumat (6/7) kepada pesisirselatan.go.id. " Pembangunan pasar baru dan revitalisasi terhadap pasar rakyat atau pasar tradisional akan dilakukan secara bertahap di Pessel. Upaya ini juga dilakukan tahun 2018 ini dalam menjawab kebutuhan masyarakat Pessel agar semua pasar rakyat memiliki SNI," katanya.
 
Dijelaskanya bahwa tujuh unit pasar yang dibangun itu diantaranya, Pasar Muarasakai dengan anggaran Rp 2 miliar. Pasar dalam bentuk unit baru ini, pembiayaanya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Kemudian Pasar Cupak Nagari Lakitan Utara Kecamatan Lengayang dengan nilai RP 703.014.700.

" Termasuk juga Pasar Labuhan di Kecamatan Ranahpesisir senilai Rp 1 miliar. Pasar yang dibangun melalui DAK ini adalah dalam bentuk revitalisasi. Sedangkan Pasar Tapan di Kecamatan Basa Ampek Balai dengan nilai Rp 5 miliar bersumber dari APBD, Pasar Lumpo di Kecamatan IV Jurai senilai Rp 1,4 miliar pula. Pasar Balaiselasa di Kecamatan Ranahpesisir Rp 2,5 miliar,  dan Pasar Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan melalui APBD lanjutan sebesar Rp 5 miliar pula," jelasnya.

Ditambahkanya bahwa semua proses pekerjaan di tujuh pasar tersebut harus rampung pada di tahun 2018 ini.

" Termasuk juga pengerjaan beberapa pasar yang akan dilakukan lanjutanya pada tahun 2019, seperti seperti Tapan, Balaiselasa dan Pasar Mandeh," tutupnya. (05)  

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube