Headline News

header-int

Pessel Terus Maksimakan Peran Pokdarwis Untuk Menggenjot Kunjungan Wisata

Selasa, 09 Jul 2019, 10:13:33 WIB - 12 | Yoni Syafrizal
Pessel Terus Maksimakan Peran Pokdarwis Untuk Menggenjot Kunjungan Wisata

Pesisir Selatan--Peran kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terus ditingkatkan. Upaya itu bertujuan agar peran yang dimiliki oleh komunitas ini mampu menggenjot kunjungan wisata yang memang sudah semakin menggeliat di daerah itu.

Wakil bupati (Wabup) Pessel, Rusma Yul Anwar mengatakan Selasa (9/7) bahwa Pessel sekarang sudah menjadi daerah kunjungan wisata utama di Sumatera Barat (Sumbar). Agar kunjungan tersebut semakin meningkat lagi di masa datang, maka peningkatan kesadaran masyarakat dalam memberikan rasa aman dan nyaman juga harus ditingkatkan.

"Saat ini minat masyarakat untuk berwisata ke Pessel sudah sangat tinggi. Agar semakin tinggi lagi, maka harus dibarengi dengan peningkatan kesadaran masyarakat dalam memberikan jaminan keamanan dan keamanan. Agar harapan itu tercapai, maka peran Pokdarwis dalam memberikan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat, terutama sekali terhadap pelaku wisata itu sendiri harus semakin ditingkatkan lagi," katanya.

Hal itu disambapikanya, sebab komunitas itu dapat dan memiliki peran yang besar dalam mengembangkan destinasi pariwisata yang ada.

Dia menjelaskan bahwa kemajuan bidang kepariwisataan di daerah itu  sudah mulai dirasakan oleh masyarakat sejak tujuh tahun terakhir.
"Karena pariwisata Pessel sudah sangat terkenal dan juga telah menunjukan kemajuan yang pesat, sehingga di tahun 2019 ini, Pessel mentargetkan kunjugan wisata sebanyak 2 juta jiwa," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel, Hadi Susilo ketika dihubungi menyampaikan bahwa peningkatan kunjungan wisata sangat dirasakan daerah itu pada libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah tahun 2019.

"Saya katakan demikian, sebab selama libur hari raya itu, kunjungan masyarakat ke berbagai objek wisata di Pessel mencapai  795.747 jiwa. Jumlah ini mengalami dapat dikatakan mengalami peningkatan hingga 30 persen dibanding tahun lalu. Sebab di tahun 2018 lalu itu, kunjungan wisata selama lebaran hanya mencapai 500 ribu jiwa," jelasnya.

Kunjungan itu tersebar di beberapa kawasan wisata unggulan yang dimiliki. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube