Headline News

header-int

PKS Pessel lakukan pawai menyambut ramadhan 1431 H di Painan

, 28 Juli 2010, 02:14:00 WIB - 1019 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Juli ----

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pesisir Selatan kembali mengadakan kegiatan menyambut bulan suci Ramadhan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, PKS sebagai partai dakwah selalu terdepan untuk menyemarakkannya. Secara umum DPD PKS Pessel melakukan tiga sesi agenda yakni pra ramadhan, dalam ramadhan dan pasca ramadhan.

“Marhaban ya Ramadhan. Bulan mulia akan tiba mari kita sambut gembira dengan berbagai kegiatan ini. Sabtu – Minggu (24-25/7) lalu PKS Pessel sudah melaksanakan Malam Bina Iman dan Takwa (Mabit) di Masjid Baitul Makmur, Pasar Kuok, Kecamatan Batangkapas sebagai acara pemula pra ramadhan 1431 H. Pesertanya adalah semua jajaran struktur PKS mulai dari tingkat kabupaten sampai ke ranting, kader dan simpatisan serta masyarakat sekitar,” ungkap Sekretaris Umum PKS Pessel ketika ditemui pesisirselatan.go.id di Painan kemaren.

Acara MABIT ini adalah rangkaian acara ibadah bermalam di Masjid, didalamnya peserta akan diberikan taujih/tausiyah (arahan/nasehat), pada sepertiga malam terakhir dilaksanakan shalat tahajjud dan muhasabah (renungan). Acara itu sengaja diadakan untuk kesempatan pertama dalam mencas kembali ‘baterai’ ruhiyah semua kader.

Kata Feby, ini sangat diperlukan karena beberapa bulan belakangan para kader lebih banyak disibukkan dengan agenda-agenda politik Pemilukada. Bisa jadi cadangan energi ruhiyahnya sudah mulai berkurang, maka saatnya untuk diisi kembali, momen ini bertepatan pula dengan penyambutan bulan suci ramadhan 1431 H.

Acara dilanjutkan dengan pawai akbar penyambutan bulan suci ramadhan. Pawai ini menggunakan mobil dan kendaraan bermotor roda dua yang berjumlah sekitar 50 unit menempuh rute dari kec Batang Kapas, Kec IV Jurai dan Kec Bayang. Sepanjang perjalalan di berikan himbauan kepada warga masyarakat untuk mempersiapkan diri dan lingkungan menyambut kedatangan bulan rahmat.

“Ini baru agenda pembuka. Pekan depan tepatnya 1 Agustus kita akan melaksanakan tarhib (pembekalan) ramadhan dalam bentuk ceramah dan dialog di 12 kecamatan yang ada di Pesisir Selatan. Tahun kemaren acara tarhib ini kita pusatkan di kabupaten dan pesertanya khusus kader PKS. Tapi untuk ramadhan kali ini kita distribusikan ke kecamatan karena banyaknya permintaan dari kader di kecamatan untuk diadakan di lokasi masing-masing,” imbuh Feby, sapaan akrab Ketum PKS Pessel itu.

Jika sebelumnya acara ini khusus untuk kader maka ke depan kemasannya sudah terbuka untuk umum. Dakwah itu pada semua orang. Maka siapapun yang berkeinginan untuk mendapatkan ilmu seputar ramadhan dipersilahkan untuk mengikutinya.

Seiring dengan acara tarhib maka juga akan di sebarkan sebanyak 24 rim imsakiyah ramadhan, lefleat panduan ramadhan dan pemasangan spanduk menyambut ramadhan di jalan-jalan sepanjang Pesisir Selatan.

Untuk agenda bulan ramadhan, panitia juga sudah menyusun rancangan acara, diantaranya akan melakukan safari ramadhan mengunjungi minimal satu masjid di setiap kecamatan. Pada rangkaian safari nanti, rencananya akan dihadiri langsung oleh Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, MSc Datuak Rajo Bandaro Basa. Ini sebagai bentuk silaturrahim dengan masyarakat pasca pemilukada yang baru saja selesai.

Kepada setiap anggota DPRD dari PKS wajib turun dalam safari tersebut karena sebagai sarana untuk menampung aspirasi langsung dari masyarakat. Seiring acara safari tak ketinggalan seperti biasanya PKS akan mengadakan acara buka bersama kader, simpatisan dan masyarakat sekitar di setiap DPC.

Selain itu penggalangan zakat dan pakaian yang akan diserahkan kepada pihak yang berhak menerimanya juga akan dilakukan. Pemberian paket ramadhan untuk warga lapas dan rumah sakit. Pada sepuluh malam terakhir ramadhan akan diadakan acara I’tikaf (berdiam di masjid untuk beribadah) untuk memenuhkan pundi-pundi amal setiap kader.

Pasca ramadhan tepatnya ketika idul fitri akan dilaksanakan jaulah mengunjungi struktur, kader dan simpatisan di setiap kecamatan untuk memperkuat jalinan silaturrahim yang telah terbentuk sehingga lahirlah kesolidan kader. 04

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube