Headline News

header-int

Prilaku MasYarakat Dalam Memyambut Kunjungan Wisata Mesti Berbenah

Selasa, 22 November 2022, 15:01:26 WIB - 220 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Prilaku MasYarakat Dalam Memyambut Kunjungan Wisata Mesti Berbenah

Pesisir Selatan --Sebagai daerah yang telah dijadikan sebagai kunjungan wisata utama di Sumbar, sudah seharusnya terus berbenah, terutama sekali berbenah sikap dan perilaku agar wisatawan merasa aman dan nyaman ketika berkunjung.

"Partisipasi masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang nyaman di setiap destinasi wisata, akan berpengaruh terhadap kemajuan pariwisata." ujar Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga Wildan  Selasa(22/11) Di Painan 

Menurutnya sektor pariwisata benar-benar terus menggeliat di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), maka peran kelompok sadar wisata (Pokdarwis) akan terus ditingkatkan di daerah itu.Hal itu perlu dilakukan, karena Pokdarwis bisa sebagai pendamping bagi pelaku wisata di lingkungan sekitarnya dalam melakukan pembinaan, termasuk juga kepada masyarakat.

Dan para pelaku wisata harus sanggup berinovasi dan memasarkan secara digital, termasuk media sosial, untuk menjangkau lebih banyak konsumen di tengah pandemi.
"Dalam memasarkan pariwisata, kita bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi, menggunakan pemasaran digital," 

Menegaskan ada banyak media dalam memasarkan wisata, selain lewat situs resmi, media sosial yang banyak diakses generasi muda juga aplikasi pemesanan wisata daring.Dan pemasaran secara digital bisa membuat promosi menyasar lebih personal, sesuai dengan target yang diinginkan. Dengan cara ini, pelaku wisata bisa mengetahui demografi, psikografi hingga perilaku konsumen secara efektif.

"Kita bisa semakin profesional seperti menggunakan media sosial. More digital, more global, semakin digital kita bisa menjangkau konsumen dari berbagai negara," jelas dia.

Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga Wildan mengingatkan, pelaku wisata harus berpegang kepada konsep 3A dan menyiapkannya secara matang, yakni atraksi, amenitas dan aksesibilitas. Sebuah tempat wisata akan menarik untuk konsumen bila punya daya tarik berupa atraksi, entah itu keindahan alam atau budaya. Setelah punya modal tersebut, akses yang mudah serta fasilitas pendukung yang memadai juga bisa menarik wisatawan untuk datang ke destinasi tersebut

Dia berharap setelah pandemi Covid-19 berakhir nanti, kunjungan wisata ke daerah itu bisa lebih meningkat lagi. Semua itu tentu membutuhkan peran dan kepedulian dari semua, terutama sekali dari Pokdarwis sendiri.

Salah satu perannya itu adalah dalam melakukan pembinaan terhadap karakter, sikap dan perilaku masyarakat pada kawasan-kawasan wisata.  

"Tujuannya agar wisatawan yang datang merasa aman dan nyaman. Sebab perilaku yang baik itu merupakan salah satu bentuk pembangunan karakter yang tidak bisa dikesampingkan, seiring dengan gencarnya pembangunan berbagai sarana dan prasarana fisik sebagai mana saat ini," katanya.

Kegiatan itu bisa dilakukan melalui penyuluhan secara intensif kepada masyarakat secara umum, agar kesadaran masyarakat dalam mendukung kemajuan dunia pariwisata benar-benar tercapai di Pessel.

Kepada berbagai dinas terkait, dia juga berharap agar terus berupaya melakukan pemberdayaan kepada masyarakat sekitar objek wisata."Serta juga meningkatkan sarana dan prasarana fisik dan kegiatan pelestarian lingkungan," lanjutnya(07)
 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube