Headline News

header-int

Program Integrasi Sapi Bali Dikembangkan Pada Tiga Kecamatan di Pessel

Senin, 18 Feb 2019, 11:39:06 WIB - 25 | Yoni Syafrizal

Pesisir Selatan, 19 Februari 2019--Sektor peternakan yang di nilai memiliki potesi cukup besar untuk peningkatan ekonomi masyaraat di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), perlu mendapat pembinaan secara berkelanjutan.

Upaya itu dilakukan daerah itu melalui program integrasi peternakan sapi bali dengan perkebunan kelapa sawit pada tiga kecamatan. Tiga kecamatan itu diantaranya Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, Lunang dan Kecamatan Silaut.

Demikian disampaikan Bupati Pessel, Hendrajoni melalui kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Hazrita kepada pesisirselatan.go.id Senin (18/2) di Painan.

Dijelaskanya bahwa di daerah itu ada tiga kecamatan yang sangat potensial untuk pengembangan sektor peternakan, khususnya sapi bali.

" Dikatakan demikian, sebab tiga kecamatan yang memiliki lahan perkebunan kelapa sawit yang cukup luas itu, bisa dikembangkan sebagai lahan gembala dengan ketersediaan pakan ternak yang memadai," katanya.

Camat Silaut, Syamwil ketika dihubungi menjelaskan bahwa program pengembangan kawasan pedesaan berbasis ternak sapi bali yang yang juga di kalukan di kecamatan itu, memang perlu mendapat dukungan dan perhatian dari semua pihak.

Sebab kegiatan itu bisa meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat melalui suatu pola pemberdayaan dan perencanaan pembangunan pedesaan yang berbasis komoditi berupa ternak sapi bali.

" Dari 10 nagari yang terdapat di Kecamatan Silaut, semua masyarakatnya antusias mengembangkan ternak sapi yang diintegrasikan dengan perkebunan kelapa sawit. Berdasarkan pendataan terdapat 5.000 ekor sapi yang diintegrasikan pada 60 ribu hektare perkebunan kelapa sawit di kecamatan ini," jelasnya.

Untuk memberikan jaminan ketersediaan pakan cadangan, sehingga di kecamatan itu juga disediakan lahan seluas 30 hektare sebagai tempat menanam rumput. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube